Dipukul Mundur, Mahasiswa Universitas Raharja Kota Tangerang Kecam Tindakan Polisi

0 1.235

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Ratusan mahasiswa Universitas Raharja, Kota Tangerang dipukul mundur pihak kepolisian saat hendak menyuarakan aksi ke DPR/MPR di perbatesan Ciledug – Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019) siang.

Koordinator Aksi, Ayu Nurhayati mengatakan, kejadian itu bermula saat pukul 14.00 WIB ia bersama mahasiswa Raharja lainnya sampai di perbatasan Ciledug-Jakarta dan langsung dihalau oleh beberapa pihak kepolisian.

“Tiba-tiba aparat polisi menyuruh kita turun dengan suara yang membentak kepada mahasiswa dan memeriksa barang bawaan. Dan bendera merah putih kita di sita,” terang Ayu saat konferensi pers di kampusnya, Jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang.

Kata Ayu, pihak kepolisian beralasan aksi unjuk rasa penolakan RKUHP dan UU KPK di gedung wakil rakyat Indonesia tersebut sudah terjadi kerusuhan.

“Akhirnya kita mundur, pulang ke kampus. Namun, tidak berakhir disini, kami bakal terus melanjutkan untuk menyuarakan aspirasi seperti mahasiswa lainnya dan rakyat Indonesia,” tegasnya.

Sementara, Humas Aksi, Ronald Lumbantobing atas kejadian tersebut, ia dan mahasiswa lainnya mengecam tindakan aparat kepolisian yang dinilai membatasi gerak masyarakat untuk menyampaikan hak kebebasan aspirasi.

“Atas kejadian ini, Bahwa Polres Metro Tangerang Kota tidak bekerja dengan sesuai undang-undang yang berlaku saat ini,” tegas Ronald.

Dimana Ronald menambahkan, dalam UU 1945 pasal 28 yang mengatakan, warga negara punya hak untuk menyuarakan pendapat baik lisan atau tulisan dan didorong dengan UU No.9 Tahun 1998 yaitu menyalurkan apresiasi dimuka umum.

“Kami sangat menyangkan hal tersebut. Dan, kami juga berpesan kepada mahasiswa lainnya yang tengah menyuarakan aspirasi rakyat jaga diri baik-baik, tetap satukan tujuan, satukan pemikiran, satukan jalan dan jangan mudah terprovokasi,” imbuhnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE