Trump Ngaku Khawatir Gara-gara Rusia Hadirkan Militer di Kawasan Arktik

0 230

MOSKOW,PenaMerdeka – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengaku khawatir gara-gara Rusia menghadirkan serta meningkatkan Militer di kawasan Arktik.

Hal ini disampaikan seorang pejabat AS, dalam konferensi pers sehubungan dengan kunjungan Presiden Finlandia, Sauli Niinisto ke Washington.

Pejabat itu mengatakan, Trump ingin mempertahankan wilayah Arktik sebagai wilayah netral, dengan tingkat kemungkinan konflik yang sangat rendah.

Melansir dari Tass, Rabu (2/10/2019), dia juga menyebut bahwa Trump juga khawatir dengan mulai meningkatnya kehadiran China di kawasan itu.

“Sebagai dua negara Arktik (AS-Finlandia), kami sangat peduli dengan High North dan ingin mempertahankannya sebagai wilayah dengan ketegangan rendah,” kata pejabat itu, yang namanya tak disebutkan.

“Presiden prihatin dengan peningkatan besar militer Rusia di Kutub Utara, dan ambisi serta kehadiran China yang terus meningkat,” lanjutnya.

Dia menambahkan, AS sangat khawatir karena Washington ingin wilayah itu sepenuhnya digunakan sebagai jalur perdagangan dan tidak di militerisasi.

“Cukup jelas Arktik harus menjadi area untuk perdagangan, bukan untuk militerisasi Rusia, seperti yang dilakukan Rusia di tempat lain,” imbuhnya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE