Ini Susunan Acara Pelantikan Presiden Terpilih di MPR

0 266

JAKARTA,PenaMerdeka – Pada hari ini, Minggu (20/19/2019) merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, MPR bakal menggelar pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin.

Pelantikan dimulai pukul 13.00 WIB anggota MPR dan tamu-tamu undangan hadir ke kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Menyusul para mantan presiden hadir pada 13.58 WIB, lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir pada 14.02 WIB, Ma’ruf Amin pada 14.06 WIB dan terakhir Jokowi hadir 14.10 WIB.

Pada 14.20 dijadwalkan presiden, wakil presiden, wakil presiden terpilih, mantan presiden, serta pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna.

Pada 14.36 WIB Ketua MPR akan membuka sidang paripura MPR, kemudian dilakukan pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum soal hasil Pemilihan Presiden 2019.

Setelah pembacaan hasil keputusan KPU, akan dilakukan pengambilan sumpah presiden, diteruskan dengan pengambilan sumpah wakil presiden.

Setelah pengambilan sumpah, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan, lalu menyerahkannya.

Pada sela penyerahan berita acara ini, Jusuf Kalla (JK) akan bergantian tempat duduk dengan Ma’ruf Amin sebagai simbol serah terima jabatan.

Posisi JK dan Ma’ruf sendiri selama pelantikan duduk berdampingan di sebelah kiri panggung. Sedangkan Jokowi di sebelah kanan panggung.

Setelah sidang dilanjutkan oleh pimpinan MPR, presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertama di periode keduanya.

Sidang paripurna pelantikan Presiden dan Wakil Presiden diperkirakan bakal selesai pukul 15.45 WIB, setelah pembacaan doa dan penutupan sidang oleh ketua MPR. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE