HGN ads Bekasi

LPKA Kelas I Tangerang Hadirkan Pelayanan Ramah Disabilitas

0 213

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang berupaya meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya, pelayanan ramah disabilitas dan meluncurkan Kafe Kunjungan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala LPKA Klas I Tangerang Dedy Cahyadi menuturkan, fasilitas ramah disabilitas terdapat area perparkiran kendaraan, jalur, ruang tunggu khusus bagi pengunjung yang menyandang disabilitas.

“Selain itu ada kamar disabilitas untuk anak binaan. Meski, saat ini belum ada anak didik penyandang disabilitas. Kami juga menyiapkan duta layanan dan duta kunjungan untuk menyambut pengunjung,” terang Dedy, Senin (11/11/2019).

Kemudian, terdapat lagi pusat pelayanan. Yaitu bernama Klinik Asyifa dan dilengkapi tenaga kesehatan yang selalu memonitoring kesehatan kesetiap ruangan anak didik pemasyarakatan.

“Kalau fasilitas layanan kesehatan ini, tenaga kesehatan selalu siap dan memonitoring jika ada yang sakit. Terlebih disini juga ada ruang inap yang dilengkap dengan alat kesehatan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, hadirnya fasilitas kafe kunjungan juga untuk memberikan rasa keharmonisan bagi anak didik pemasyarakatan saat dikunjungi keluarganya.

Suasana Kafe Kunjungan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang.

Hal tersebut kata Dedy, demi terciptanya pelayanan yang bermartabat dengan mengedepankan hak asasi manusia (HAM) di ruang lingkup LPKA Kelas I Tangerang.

“Jadi, saat anak didik masuk maupun keluarganya masuk ke sini (dalam lapas,red), bisa merasakan kebahagiaan keluarga dengan suasana seperti kafe diluar lainnya,” jelasnya.

Dalam Kafe, pengunjung bisa menjenguk anak didik pemasyarakatan sambil menikmati hiburan live music. Grup bandnya pun berasal dari anak didik itu sendiri.

Sehingga, kehadiran kafe ini sekaligus menjadi ruang bagi mereka untuk menampilkan kemampuannya di hadapan publik. Musik kami berikan karena bagian dari hipnoterapi agar pikirannya terasa nyaman,” katanya.

Dedy berharap, ragam fasilitas publik berbasis HAM ini dapat memberikan pelayanan secara maksimal untuk masyarakat. “Karena untuk layanan berbasis HAM, kami liding sektornya,” imbuhnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE