Peringati Hari K3, Menaker Sebut Revolusi Industri 4.0 Masih Jadi Tantangan

0 124

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan Bulan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2020, sekaligus memperingati Hari K3 Nasional di Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Minggu (12/1).

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, peringatan Hari K3 Nasional merupakan momentum strategis dan bersejarah mengingat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970, tentang keselamatan kerja.

UU tersebut, kata Ida, di usia ke-50 tahun menghadapi tantangan baru dalam dunia ketenagakerjaan yang makin kompleks.

“Penerapan K3 di tengah revolusi industri 4.0 masih menghadapi banyak tantangan, salah satunya adalah kesiapan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi digitalisasi,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, Bulan K3 juga menjadi momentum memperkuat pelaksanaan K3 secara nasional sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan.

“Untuk itu saya sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3,” ujarnya.

Ida Berharap, kegiatan Bulan K3 dapat diikuti secara nasional di semua lembaga, institusi, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan perusahaan. Ia juga mengingatkan pentingnya K3 dalam dunia kerja.

“Dengan memohon bimbingan dan perlindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat terus bekerja untuk memastikan jaminan keselamatan dan derajat kesehatan tenaga kerja selalu dilaksanakan,” imbuhnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...