Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Pemerintah Australia Tolak Kevin Rudd Jadi Sekjen PBB

Dukungan yang diminta oleh mantan Perdana Menteri Kevin Rudd untuk menjadi Sekretaris Jendral (Sekjen) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) belum mendapat angin segar alias ditolak secara dari pemerintahannya sendiri.

“Ada titik ambang batas fundamental dan itu adalah: Apakah pemerintah percaya, kita percaya, apakah saya sebagai perdana menteri percaya bahwa Kevin Rudd adalah orang yang cocok untuk peran itu? Berdasarkan penilaian saya adalah tidak,” kata Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Jumat (29/7).

Artinya Pemerintah Australia memang menolak permintaan Kevin Rudd untuk mendukungnya menjabat sebagai Sekjen PBB kendati salahsatu upaya yang dilakukan Kevin Rudd melobi pemerintah Australia.

Turnbull dalam kesempatan itu tidak menjelaskan mengapa ia merasa Kevin Rudd itu tidak cocok menjadi kandidat. Namun ia mengatakan keputusannya tidak termotivasi pada keberpihakan politik.

Track record yang dikantongi Kevin Rudd dikabarkan memang terlalu positif dimata politisi dan kinerja kemenejeman pemerintahan Australia. Rudd sempat terpilih sebagai perdana menteri pada tahun 2007, tetapi kemudian disingkirkan oleh partainya pada tahun 2010.

Ia dijuluki “Recycled Rudd” ketika kembali menguasai pemerintah yang kacau selama beberapa minggu sebelum Partai Buruh mengalami kekalahan pada pemilu tahun 2013. Beberapa mantan menteri bersumpah mereka tidak akan pernah bekerja dengannya lagi karena gaya manajemen tidak menentunya.

Hingga kini, Rudd belum memberikan tanggapan atas keputusan Turnbull. Media di Australia setelah mendapat komentar dari PM Australia ingin supaya Kevin Rudd memberikan pernyataan. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.