Ads Helmi Halim

Prancis Kutuk Upaya Kudeta Gabon, Warga Diminta Hindari Aktifitas di Sekitar Kota

0 211

PARIS,PenaMerdeka – Prancis mengutuk upaya kudeta Gabon, yang tidak lain adalah dari mantan koloni Paris. Prancis juga meminta warganya di Ibu Kota Gabon, Libreville menghindari untuk melakukan aktifitas di sekitar kota.

Seperti mengutip dari Reuters, Agnes von der Muhll, juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan, pihaknya mengutuk segala upaya agar mengubah pemerintah di luar dari aturan konstitusi.

“Stabilitas Gabon hanya dipastikan sesuai dengan ketentuan konstitusinya. Kami meminta 8.900 warga Prancis yang terdaftar di negara itu menghindari bergerak di sekitar Libreville,” tegasnya.

Pada sebelumnya, Pemerintah Gabon mengatakan mereka sudah berhasil menggagalkan upaya keduta di negara mereka. Pengumuman kudeta sempat disampaikan sejumlah tentara yang menyabotase stasiun radio negara.

Sementara itu, Guy-Bertran Mapangou, juru bicara pemerintahan Gabon menambahkan, bahwa tentara yang secara singkat mengambil alih radio nasional kini telah berhasil diamankan.

“Disaat sekarang ini stuasi sudah kembali terkendali. Presiden Ali Bongo Ondimba juga telah pulih dari penyakit stroke setelah menjalani perawatan luar negeri,” tambah Mapangou. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...