Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Mendikbud Menolak Permintaan dan Tudingan Turki Soal Sekolah Berafiliasi Jaringan Teroris

Orangtua siswa Kharisma Bangsa di Tangerang Selatan saat ini merasa yakin jika anaknya tetap mengikuti proses belajar mengajar. Karena sebelumnya pemerintah Turki meminta supaya menutup sekolah tersebut, namun Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menolak intervensi tersebut.

Keputusan ini menurut sejumlah pemerhati pendidikan dan politik internasional sama juga menegaskan kalau Pemerintah Indonesia tegas sudah menjawab tudingan Turki terkait sembilan sekolah di Indonesia terlibat jaringan Fethullah Terorist Organisation (FETO).

Pemerintah Turki sempat menuding bahwa ada sembilan sekolah di Indonesia yang terlibat jaringan FETO, sehingga meminta Indonesia untuk menutup sekolah tersebut.

Yaaa…Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menolak permintaan Pemerintah Turki agar Indonesia menutup sejumlah sekolah yang dituding berafiliasi dengan FETO, tak urung kebijakan itu melegakan ribuan orangtua (ortu) siswa di Sekolah Pribadi Boarding School Depok dan sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan.

Juru Bicara Yayasan Yenbu Indonesia yang menaungi SD SMP SMA Pribadi Depok, Ari Rosandi, menuturkan sikap pemerintah Indonesia melalui pernyataan Menteri Muhadjir, sangat melegakan ratusan ortu siswa di sekolahnya. Menurutnya dari tingkat SD sampai SMA, ada sekitar 300 siswa di Sekolah Pribadi Depok.

“Sebenarnya kami sudah menduga bahwa pemerintah kita akan bersikap tegas dalam menyikapi persoalan ini, dan tidak akan bisa didikte oleh pemerintah negara lain. Lewat pernyataan Pak Menteri kemarin, ini semakin menegaskan dan makin melegakan ratusan orangtua siswa kami, yang sempat resah,” kata Ari, seoerti dilansir wartakota.com, Sabtu (30/7).

Apalagi sekolah yang mereka kelola kata Ari memiliki izin dari Kemendikbud dan sudah sejak 2015 lalu tidak bekerjasama lagi dengan Pasiad, lembaga non pemerintah dari Turki, yang belakangan diketahui terafiliasi dengan FETO.

Menurut Ari, sejak awal ia sangat yakin Kemendikbud akan melindungi institusi pendidikan yang dikelolanya, terkait tudingan pemerintah Turki. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan