Pedagang di Pasar Kemis Banyak Tak Bermasker, Polisi – TNI Minta Pengelola Gencarkan Sosialisasi

PEDAGANG PASAR KEMIS TAK PATUH TERANCAM SANKSI

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Jajaran Polresta Tangerang dan Kodim 0510 Tigaraksa menggelar pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Senin (24/8/2020).

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pihaknya memilih pasar lantaran lokasi tersebut merupakan tempat yang dari awal pandemi Covid-19 tidak pernah tutup.

“Dalam kegiatan pendisiplinan masyarakat ini turut dibagikan masker kepada masyarakat yang berada di pasar,” terang Ade saat ditemui di lokasi, Senin (24/8/2020).

Pantauan langsung, pedagang berada di pasar tersebut banyak yang tidak memakai masker. Kapolres pun tampak geram saat banyak melihat yang tidak memakai masker.

Ade menjelaskan, desain tata letak pasar pun agak sulit untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak.

“Makanya orangnya, baik pedagang, pengunjung, atau orang yang berada di pasar yang harus ditingkatkan kesadarannya,” ujarnya.

Ade meminta pengurus pasar agar memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik. Kata dia, pengurus pasar harus memasang banyak spanduk imbauan.

Selain itu katanya, harus disediakan juga sarana cuci tangan yang banyak dan yang mudah diakses. Bahkan, pengurus pasar juga harus rutin berkeliling pasar memastikan dan mengingatkan agar protokol kesehatan

“Pengurus pasar agar gotong-royong memastikan protokol kesehatan dijalankan,” katanya.

Ade menegaskan, tak akan lelah dan bosan mengedukasi dan mengimbau masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan. Ia menyebut, pola yang dilaksanakan dalam pendisiplinan masyarakat adalah mengedepankan edukasi dan humanis.

Namun demikian, bila pelaksanaan protokol kesehatan tak kunjung membaik, maka ia akan melaporkannya ke kepala daerah agar diambil tindakan lebih lanjut.

“Sampai dengan saat ini kami terus mengedepankan edukasi dan imbauan. Namun kami juga beri tenggang waktu, kalau tidak perubahan kita laporkan ke Pak Bupati,” terang Ade.

Senada dengan Ade, Dandim 0510 Tigaraksa  Letkol Inf. Bangun I.E. Siregar juga meminta pengelola pasar memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

Kata dia, pasar merupakan salah satu titik kumpul masyarakat. Protokol kesehatan menjadi wajib agar semua bisa terlindungi dari potensi penularan Covid-19.

“Pengelola pasar agar peduli, pasang imbauan dengan berbagai media termasuk pengeras suara,” pungkasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments