Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Kelompok KKK UNIS Tangerang Ciptakan Ketahanan Pangan

PULIHKAN EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) UNIS Tangerang menciptakan ketahanan pangan di Kampung Sentul, Kelurahan Curug Kulon, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat mereka menciptakan ketahanan pangan guna membantu perekonomian masyarakat sekitar yang terdampak covid-19.

“Saat observasi, kami melihat masyarakat membutuhkan solusi untuk bertahan hidup ditengah pandemi Covid-19,” ujar Koordinator Tim KKK Unis Tangerang Mimi Kettri.

Lokasi Ketahanan Pangan tersebut tepatnya terletak di RT 002 / RW 004. Mereka memanfaatkan lahan kosong yang tak terpakai sekira 40 meter². Terdapat kolam yang digunakan sebagai tempat beternak ikan lele. Di lokasi tersebut juga ditanami berbagai macam sayuran dengan media hidroponik.

“Bibit bibitnya kita dapatkan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang,” ujar Mimi.

Mereka memilih program hidroponik dan budidaya ikan lele karena dinilai mampu memberikan solusi dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19. Terutama media tanam hidroponik sayur-mayur yang ditujukan untuk antisipasi lumbung pangan warga.

“Hidroponik dan budidaya ikan lele adalah salah satu upaya yang tidak membutuhkan modal besar. Kita juga bekerja sama dengan pemuda disini yang juga menjadi poros utama demi kelanjutan program ini,” jelas Mimi.

Ketua RT 002 RW 004 Kampung Sentul, Azat Sudrajat mengatakan program tersebut sangat bermanfaat bagi warganya. Mereka sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKK yang mampu merangkul masyarakat terutama pemuda agar melakukan kegiatan produktif ditengah pandemi Covid-19.

“Semoga hidroponik ini bisa berkembang sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat yang terkena PHK. Saya juga sangat mengapresiasi kerja nyata tim KKK UNIS yang mampu bersinergi dengan Paguyuban Kampung Sentul” tutupnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...