Jokowi Minta Vaksinasi Tak Langgar Kaidah Kesehatan

CEGAH COVID-19

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden RI, Joko Widodo meminta proses vaksinasi dilakukan secara cepat dan cermat. Ia meminta proses vaksinasi tidak diburu-buru lantas melanggar kaidah kesehatan.

“Hati-hati, jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi sehingga kita (melanggar) kaidah-kaidah saintifik, data-data kesehatan dinomorduakan. Tidak bisa,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/10/2020).

Jokowi meminta para menteri dan kepala lembaga yang mengurus pelaksanaan vaksinasi covid-19 bekerja sesuai kaidah kesehatan serta data saintifik.

Ia mengingatkan jajarannya agar tak memberikan kesan kepada masyarakat bahwa seolah pemerintah menerobos aturan kesehatan demi mengamankan stok vaksin covid-19.

Jokowi menginstruksikan jajarannya untuk memastikan keamanan vaksin terlebih dahulu sebelum disuntikkan secara massal ke masyarakat, sebagai langkah memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Keamanan artinya kalau disuntik betul-betul melalui sebuah tahapan-tahapan uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada satu saja yang masalah, nanti bisa menjadikan ketikdakpercayaan masyarakat akan upaya vaksinasi ini,” tuturnya.

“Saya melihat aspek keamanan vaksin menjadi concern utama masyarakat, termasuk para pakar dan peneliti. Karena itu semua tahapan harus melalui kaidah-kaidah saintifik,” sambungnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments