Pemkot Bogor Masih Pikir-pikir Tutup Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

BOGOR,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih mempertimbangkan menutup tempat wisata saat libur Lebaran 2021. Saat ini, masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait rencana tersebut.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan, apabila Pemprov DKI menutup semua tempat wisata selama libur Lebaran, maka Kota Bogor juga akan melakukan hal serupa.

“Kami masih nunggu kebijakan dari Jakarta. Kalau di Jakarta tutup, maka kami juga akan tutup, enggak mungkin kami buka. Bisa dibayangkan kalau tempat wisata di Jakarta ditutup, semuanya akan ke Bogor,” ujarnya, Jumat (7/5/2021).

Bima menambahkan, sambil menunggu aturan lebih detail dan rinci, Pemkot Bogor meminta setiap pengelola objek wisata memberlakukan syarat hasil negatif test antigen yang sampelnya diambil 1×24 jam kepada pengunjung.

“Esensinya kan membatasi kerumunan, penumpukan, jadi kami harus lakukan itu. Sampai saat ini Pemkot Bogor meminta agar diberlakukan syarat hasil swab antigen 1×24 jam sebelum ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait tempat wisata,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Dedi Sumardi mengatakan, saat ini sedang mempertimbangkan usulan penutupan tempat wisata pada saat Lebaran 2021.

Dedi menjelaskan, usulan itu datang dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan sudah disampaikan ke Plt Disparekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya. Saat ini, lanjut Dedi sedang mempertimbangkan tempat wisata bisa ditutup atau tetap dibuka dengan pembatasan.

“Keputusan nantinya ada di tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Nanti kalau ada kebijakan (penutupan) dari Pak Gubernur,” jelasnya. (ew/ji)

Disarankan
Click To Comments