Stadion Gelora Tangerang Ayo Belum Jelas Jelang Porprov Banten, Lokasi Pembangunan Pindah-pindah

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Rencana pembangunan stadion Tangerang Ayo belum jelas sampai saat ini. Padahal, venue itu bakal di pakai pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten VI yang diperkirakan bakal terselenggara pada Oktober 2022 mendatang.

Seperti diketahui, Kota Tangerang sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov VI Banten 2022. Tuan rumah pun diwajibkan mempersiapkan semua kebutuhan dalam pelaksanaan pesta olahraga se-Banten itu.

Sebelumnya, venue sepak bola yang digadang-gadang lebih mewah dari Stadion Sport Centre di Kabupaten Tangerang ini akan dibangun di Selapajang, Neglasari pada 2019 lalu. Namun, rencana itu urung terlaksana lantaran belum mendapat persetujuan dari sang pemilik lahan PT Angkasa Pura II (AP II).

Kemudian, di 2020 lokasi rencana pembangunan Stadion Tangerang Ayo pindah ke Batusari, Batuceper. Kendati demikian, rupanya pembangunan Stadion yang rencananya dengan kapasitas 30 ribu penonton ini kembali urung terlaksana di lokasi tersebut.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengaku, progres pembangunan stadion yang digandang menjadi kebanggaan warga kota berjuluk seribu industri itu pada masalah lahannya. Ditambah, AP II disebutnya belum ada gambaran.

“Jadi progressnya masalah lahan. Kemarin kita komunikasi dengan AP II belum ada gambaran,” ujarnya saat ditemui penamerdeka.com, Selasa (25/5/2021).

BAKAL DIMEDIASI KPK

Orang nomor satu di Kota Tangerang itu menyebutkan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menduduki AP II, Bapan Pertanahan Nasional (BPN), dan Kementerian BUMN untuk membicarakan progres pembangunan stadion itu pada Senin (31/5/2021) mendatang.

“Jadi KPK akan memediasi komitmen yang awal dengan AP II, BPN dan Kementerian BUMN,” katanya.

Ketika ditanya apakah bisa optimis selesai pembangunan stadion itu sebelum perhelatan Porprov Banten VI, Arief menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bakal terus mengupayakan agar segera selesai.

“Ya kita lihat nanti, kita lihat aja. Kita upayakan lah pokoknya,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkot Tangerang, Herman Suwarman mengatakan pembangunan Stadion Tangerang Ayo kembali ke lokasi yang sebelumnya direncanakan. Yakni di Selapajang.

“Tangerang Ayo di Perkim. Itu kan sampai saat ini belum, lahannya belum siap (di Batusari). Itu rencana pembangunan selanjutnya di Selapajang. Tapi yang tau detail Perkim,” ujarnya.

Namun, kata Herman rencana pembangunan stadion Tangerang Ayo di Selapajang juga belum mendapat kesepakatan dari AP II. Sehingga, dirinya pun tidak dapat memastikan dimulainya pembangunan.

“Karena kan AP II BUMN (Badan Usaha Milik Negara) jadi mereka harus berkoordinasi dengan pusat dulu. Sampai sekarang kami masih menunggu,” ungkapnya.

Meski begitu, lanjut Herman sebagai tuan rumah, Pemkot Tangerang tetap menekankan kalau pembangunan Stadion Tangerang Ayo harus terlaksana di tahun ini. Mengingat, Porprov Banten VI penyelenggaraanya di 2022.

“Ya harus (terlaksana pembangunan) karena kan Porprov-nya 2022,” tegas Herman.

Dalam penyelenggaraan Porprov Banten VI 2022 mendatang Pemkot Tangerang berencana membangun 3 pusat olahraga. Selain Stadion Tangerang Ayo yakni Tangerang Super Block di Alam Sutera, renovasi Stadion Benteng dan Sport Center di Cipondoh. Kemudian, pembugaran 11 GOR.

Sejauh ini, Pemkot Tangerang baru melaksanakan renovasi Stadion Benteng dan pembugaran 11 GOR. Sementara, pembangunan Tangerang Ayo, Tangerang Super Block dan Sport Center belum terlaksana. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments