HUT RI 76

Menteri Sandi Uno Tawarkan Dana Bantuan Rp50 Juta untuk Pelaku UMKM

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menawarkan dana bantuan sebesar Rp50 juta untuk stimulus pengembangan dan pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kuota dana bantuan ditawarkan untuk 3.500 pelaku UMKM, dalam program Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan awal tahun, dengan tujuan mendorong UMKM lebih berkembang.

“Kepada pelaku UMKM, khususnya di Sumatra Utara, agar segera mendaftar ke Kemenparekraf untuk mendapatkan dana bantuan itu,” ujar Sandiaga saat menghadiri kegiatan lokakarya ‘KaTa Kreatif Indonesia’ di Medan, Sumatra Utara, dilansir Antara, Senin (8/11).

Pemerintah, lanjut dia, terus mendorong agar UMKM bisa naik kelas dengan pengembangan dan pemasaran produk berbasis digital, sehingga UMKM mampu menjangkau wilayah yang lebih luas.

Menurut ia, masalah yang sering terjadi selama ini adalah minimnya informasi dan kreativitas pelaku UMKM untuk memanfaatkan pemasaran digital, seperti sosial media, untuk menembus pasar yang luas hingga ke luar provinsi, bahkan mancanegara.

Adapun, khusus beberapa subsektor, termasuk kuliner, kriya, fesyen, dan produk kecantikan, akan mendapatkan dana bantuan Rp50 juta.

“Kami harapkan pelaku kreatif di Sumut, khususnya Medan, dapat berpartisipasi. Karena ini murni program stimulus dan nggak pakai ribet, mudah dan hari ini bisa langsung diklaim. Sehingga, bisa menggerakkan ekonomi lokal,” jelasnya. (uki)

Disarankan
Click To Comments