Sudah Dibatasi Sejak Lama, Disdik Kota Tangerang Bakal Review SE Outing Class

HARUS IZIN DISHUB SOAL KELAYAKAN BUS

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang, Banten sudah memberlakukan pembatasan bagi sekolah untuk mengadakan kegiatan study tour atau outing class sejak tahun 2023 silam melalui surat edaran (SE).

Pembatasan ini dilakukan untuk meminimalkan berbagai kejadian yang berpotensi merugikan pelajar maupun pengajar seperti kekerasan seksual hingga kecelakaan.

Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaluddin menyebutkan, SE itu telah dibuat sejak 15 Februari 2023 lalu dengan nomor surat 421.3/0452-Pemb.SMP/ tentang pelaksanaan Pembelajaran di Luar Kelas (Outing Class).

“Yang intinya adalah sekolah yang akan melaksanakan outing class itu yang betul-betul hasil musyawarah, kesepakatan orang tua, tidak memberatkan, subsidi silang, dan tidak ada kaitannya dengan nilai,” ucapnya saat ditemui di Stadion Benteng Reborn, Jum’at (17/5/2024).

Jamaluddin mengatakan, Disdik Kota Tangerang juga tengah mereview SE terdahulu dan dalam proses dengan asistensi kepada Pj Wali Kota Tangerang, Dr Nurdin serta Sekretaris Daerah (Sekda), Herman Suwarman.

“Mudah-mudahan InsyaAllah dalam waktu dekat review SE yang sudah kita keluarkan pada tahun 2023 itu selesai dan akan kita diedarkan kembali,” katanya.

Jamaluddin menyebutkan, poin penting diantaranya adalah bagi sekolah yang akan menggelar kegiatan itu harus mengantongi izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) terkait layak atau tidaknya bus yang akan dipakai.

“Izin juga izin Dinas Pendidikan untuk persiapan bagaimana skema perjalanan, jumlah peserta, dan lainnya terkait persiapan,” katanya.

Jamaluddin menambahkan, terkait kecelakaan maut bus Trans Putera Fajar yang mengangkut pelajar SMK Lingga Kencana Depok di kawasan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang mengakibatkan 11 orang tewas tersebut adalah musibah yang tidak bisa di ganggu gugat kapan datangnya.

“Mungkin sama juga bapak ibu atau orang tua yang masih sekolah SD dan SMP itu merasakan indahnya bersama teman jika pergi ke luar kota dan mungkin beda rasanya ketika anak bersama orang tuanya,” tukasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments