Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Fantastis ! Nilai Transaksi Jual Beli Online Capai 3 M Dollar Lebih

0 102

JAKARTA, PenaMerdeka – Transaksi jual beli online sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia di era informasi digital. Baik perkotaan maupun di daerah bahkan hingga pelosok terpencil sudah melek dengan transaksi online.

Memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan transaski jual beli online menjadi pemicu bangkitnya jual beli dan usaha melalui media online baik di daerah maupun perkotaan, langkah ini dilakukan pengusaha e-commerce untuk lebih memperluas jangkauan dan jaringan pemasaran produk.

Sepanjang tahun 2015, Bank Indonesia mencatat nilai transaksi jual beli online (e-commerce) di Indonesia mencapai 3.5 miliar USD, nilai transaksi ini setara dengan Rp 45,50 triliun (asumsi nilai rupiah Rp 13.000/usd). dikutip dari laman bisniskeuangan.kompas

Dengan demikian terdapat kenaikan jumlah nilai transaksi jual beli online dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 2,6 miliar USD . Sedangkan untuk transaksi tahun 2016, masih belum ada rilis resmi nilai angkanya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas menuturkan, “Nilai transaksi jual beli online (e-commerce -red) di Indonesia cukup besar. Sedangkan fintech masih belum terlalu besar dan sejauh ini pendataan masih terus kami dilakukan,” tutur Ronald.

Selain itu, nilai transaksi online, mengacu pada data BI, dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Kondisi ini lantaran ada dorongan dari trend belanja di kalangan kaum muda yang kian meningkat.

Hingga sejauh ini, cara pembayaran transaksi online masih didominasi transfer perbankan, walaupun banyak juga yang menggunakan kartu kredit untuk pembayaran. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...