Soal Sistem Pendidikan Nasional, Pemerintah Pusat Diminta Konsisten

0 420

JAKARTA, PenaMerdeka – Mengenai sistem pendidikan nasional, Pemerintah diminta untuk tetap konsisten menjaganya, hal tersebut disampaikan oleh Syahrial Loetan, seorang pengamat Pembangunan dan Pendidikan dari Institut teknologi Bandung.

Sektor pendidikan, menurutnya nampak membingungkan lantaran dampak pergantian Menteri berpengaruh pada perubahan dan pergantian beberapa sistem pendidikan.

Ketika ditemui dikawasan Kalimalang, Jakarta, , Minggu (1/01/2017) Syahrial mengatakan “Pemerintah perlu konsisten dalam menjaga sistem pendidikan nasional,” katanya.

Dicontohkan olehnya, mengenai ujian nasional (UN), sebelumnya diwacanakan akan dihapuskan, akan tetapi, diberlakukan kembali. Syahrial menuturkan, pada tiap daerah, hal ini dapat berpengaruh kepada kebijakan dari sekolah dan guru. “Banyak hal mengejutkan, UN yang sebelumnya hilang, sekarang diadakan kembali. Jadi sektor pendidikan belum menjaga kebijakan secara konsisten terkait dengan sistem yang diadopsi oleh peserta didik,” tuturnya.

Mantan Sekum Badan perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) ini mengungkapkan, perlu penataan ulang terhadap sistem pendidikan nasional melalui pembentukan peta jalan untuk pendidikan dasar dan menegah, paling tidak untuk 10 tahun mendatang, ungkapnya.

Dalam mengelola sektor ini lanjut Syahrial, pemerintah agar belajar dari pengalaman negara-negara di dunia yang telah maju seperti sistem pendidikan di Finlandia, yang mampu menjadi negara yang mempunyai tingkat pendidikan terbaik didunia, dengan metode yang tidak terlalu ketat.

“Jangan korbankan peserta didik dengan kebijakan menteri-menteri yang melakukan perubahan-perubahan kurikulum. Sebab peserta didik sebagai masa depan dan generasi penerus bangsa Indonesia,” kata Syahrial. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Loading...