Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Geram Kali Ledug Kota Tangerang Jadi Tempat Sampah, Lurah Ini Gelar OTT

0 93

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Bantaran Kali Ledug yang berada di wilayah Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, saat ini diberitakan menjadi tempat pembuangan sampah oleh oknum masyarakat. Untuk membersihkan bantaran kali dari sampah rumah, Maulana Damanik, Lurah Gebang Raya, beserta jajaran Trantib Kecamatan Priuk, Kota Tangerang telah gencar melaksanakan operasi penertiban.

Program tersebut disebut Operasi Tangkap Tangan (OTT), sengaja kerap dilakukan bersama anggota Pokdar Kamtibmas Kelurahan Gebang Raya dan warga setempat, pasalnya mereka sepakat bahwa Kali Ledug merupakan tempat yang harus dijaga kebersihannya. Kegiatan OTT yang melibatkan warga dilaksanakan berbarengan dengan petugas piket malam dilakukan mulai pukul 22:00 WIB hingga pukul 02:00 WIB.

Menurut Damanik ada oknum masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan di sekitar bantaran Kali Ledug. Persoaln ini kata Lurah muda ini menegaskan, merupakan persoalan lama namun supaya lebih tertib pihaknya tidak tinggal diam makadari itu harus giat menggelar OTT.

“Saat menggelar OTT ada juga masyarakat yang curi-curi kesempatan masih membuang sampah. Dan orang yang membuang sampah sempat melarikan diri ketika melihat petugas datang. Kami geram dengan ulah masyarakat tersebut karena dari membuang sampah secara sembarangan dapat menimbulkan lingkungan kotor dan penyakit,” ucapnya kepada PenaMerdeka.com, Rabu (18/1).

Sebelumnya kata Damanik, berbagai upaya sudah dilakukan mulai dari penempelan sepanduk larangan buang sampah dan himbauan langsung kepada warga. Ia menduga tidak jeranya masyarakat yang kedapatan membuang sampah di bantaran Kali Ledug karena sampai saat pihaknya dan jajaran kecamatan hanya mendata dan memberikan pengarahan saja.

“Belum ada sangsi tegas supaya pelaku pembuang sampah jera. Namun sangsi ini tidak dapat diberikan karena sekarang ini tidak ada Penyidik Pegawai Negri sipil (PPNS) di Trantib Kecamatan Periuk. Kedepan mudah-mudahan akan ada PPNSnya,” katanya menerangkan.

Dalam OTT tersebut ia mengaku tidak jarang mendapati bukan warga asal Gebang Raya saja yang membuang sampah di bantaran kali, tetapi ada warga asal  Kelurahan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

“Alasan warga lain membuang sampah di Kali Ledug karena di wilayah mereka tinggal tidak ada tempat sampah. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...