KPU : Tina Talisa Eko Prasojo bisa Menggali Subtansi Debat Pilkada Jakarta

0 43

JAKARTA, PenaMerdeka – Tina Talisa dan Eko Prasojo rencananya akan diduetkan menjadi moderator debat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Alasan memilih keduanya karena KPUD DKI Jakarta bahwa dari mereka dapat menggali lebih dalam terkait subtansi pertanyaan ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubenur.

Disebutkan, Tina adalah mantan presenter di salah satu stasiun TV swasta yang berpengalaman sementara Eko Prasojo akademisi kompeten, jadi keduanya itu dipilih menjadi moderator karena berdasarkan kapasitas dan kemampuannya.

“Ya benar (dua moderator Tina Talisa dan Eko Prasojo). Agar lebih dalam lagi menggali jawaban para calon,” ujar Sumarno, Selasa (24/01) kemarin.

Komisioner KPUD DKI Jakarta Dahlia Umar mengatakan, dalam evaluasi debat kemarin, KPUD DKI Jakarta menilai perlu ada pendalaman pertanyaan materi secara lebih lanjut. Oleh karenanya kata Dalia, Tina Talisa dan Eko Prasojo ditunjuk untuk menjadi moderator dalam debat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

“Harus ada pembagian tugas moderator yang mengatur alur debat dan yang mengawasi substansi,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, pemilihan Tina Talisa dan Eko Prasojo berlandaskan kemampuan dan kapasitas yang mereka miliki. Kalau Tina sendiri dinilai pintar dalam membawakan acara sementra Eko sangat memahami seluk – beluknya tema debat.

“Yang satu pemandu acara dan yang satunya lagi akademisi yang ahli dalam tema perdebatan pilkada tersebu,” terang Dahlia.

Diputaran debat Pilkada DKI Jakarta ini,  kata Dahlia bakal berlangsung lama. Karena pada evaluasi debat yang pertama, waktu menjadi salah satu kendala krusial. Supaya berjalan optimal akan ada penambahan waktu sekitar 30 menit itu supaya ketiga pasangan dapat leluasa dalam menjawab. Selain itu konsep debat juga tidak ada perubahan.

“Jadi ketiga pasangan calon menjawab atau menanggapi pertanyaan moderator, atau pada saat mereka menanggapi aka nada penambahan waktu yang diberikan,” pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...