Koin Emas Bernilai Rp 58 Miliar Koleksi Museum Jerman Digondol Maling

BERLIN, PenaMerdeka – Koin emas koleksi Museum Bode, Berlin, Jerman seberat 100 kilogram dengan nilai sekitar 4 juta euro atau sekitar Rp 58 miliar, raib digondol sekelompok maling, Senin (27/3).

Koin unik berjuluk “Big Maple Leaf” memiliki garis tengah sepanjag 53 cm dan ketebalan 3 cm ini, merupakan sebuah koin khusus yang dibuat pada tahun 2007 oleh percetakan uang logam Kanada.

Sejauh ini polisi Jerman masih belum menjelaskan secara rinci bagaimana para pencuri itu berhasil menghindari sistem pengamanan kemudian berhasil lolos meninggalkan museum tanpa terlihat sambil membawa koin raksasa itu.

Koin emas ini seperti semua uang logam Kanada, terdapat wajah Ratu Elizabeth pada salah satu sisinya dan dipastikan harus lebiih dari satu orang untuk mengangkatnya.

Pihak kepolisian Jerman seperti dikutip dari BBC, Selasa (28/3) mengatakan “Para pencuri itu menggunakan tangga yang ditemukan di sebelah rel kereta api, mereka memecahkan jendela untuk masuk museum pada dini hari,” kata juru bicara polisi Windrid Wenzel.

Koin yang hilang ini merupakan bagian dari koleksi Münzkabinett dan sudah dipamerkan sejak 2010. (herman/dbs)

Disarankan
Click To Comments