Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Membangun Spirit Baru untuk Peradaban Banten

0 120

Membangun Spirit Baru untuk Peradaban Banten

Oleh : Masrori

BANTEN,PenaMerdeka – Peradaban bisa terbangun atas konsensus nilai-nilai luhur yang universal yang dilandasi kehidupan manusia yang memanusiakan manusia. Menengok peradaban Banten juga harus sepadan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih beradab, adil, sejahtera harus berkemajuan secara lahir maupun bathin.

Keadaban itu humanis dan peradaban itu mencerminkan perkembangan jaman yang dinamis karena dipengaruhi beragam aspek yang saling pengaruh mempengaruhi.

Mohon maaf, pandangan saya tentulah amat dangkal dan jauh dari standar keilmuan maupun hasil dari riset ilmiah tentang pengertian dan definisi arti dari sebuah peradaban dan yang mempengaruhinya.

Tetapi harapannya semoga dapat memancing serta mengundang para pihak yang berkompeten untuk mendiskusikan soal tema peradaban.

Dan tentunya sebagai bangsa pasti ingin mempuyai cita-cita yang dapat mempengaruhi peradaban dunia. Karena jika ditarik ke ruang lingkup yang lebih sempit lagi tentu perdaban bangsa itu juga dipengaruhi oleh daerah-daerahnya. Termasuk peradaban Banten yang di dalamnya akan dipengaruhi dan mempengaruhi perkembangan dari peradaban bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pertanyaan kita seberapa besar pengaruh dan mempengaruhinya diatara keduanya jika ditarik lebih sempit lagi, sebuah peradaban tentulah pasti terbentuk dan dipengaruhi oleh kesejarahan Banten sebelumnya, sumber daya manusia/masyarakatnya, keragaman budayanya, agama dan religiusitasnya, sumber daya alam dan lingkungan hidupnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya yang di dalamnya kemajuan industrinya, pemerintahan dan politik lokalnya, ekonomi, hukum dan masih banyak lagi.

Tentang wacana spirit baru peradaban Banten, tidak berlebihan kiranya jika kita ketengahkan dan tawarkan ketengah publik sebagai koreksi komprehensif tentang Banten itu sendiri baik tinjauan dari sejarah, kondisi saat ini, bahkan proyeksi atau sebuah harapan baru akan masa depan Banten.

Pilgub Banten telah usai, tentu kita syukuri karena telah menghasilkan pemimpin baru yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur Banten untuk membawa Banten lebih maju, sejahtera dan berkeadilan yang diridhoi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Kembali pada tema Spirit Baru Peradaban Banten, tentu tidaklah bijak jika semuanya diserahkan kepada para pemimpin kita, akan tetapi perlu keterlibatan semua pihak dari elemen masyarakat Banten.

Sesuai peran dan fungsinya masing-masing untuk membangun Banten lebih maju dan beradab, karena peradaban itu akan dipengaruhi oleh beragam faktor yang saling pengaruh dan mempengaruhi termsuk di dalamnya manusia sebagai subjek dari induvidu-individu, keluarga, masyarakatnya secara meluas serta pemerintahan yang memiliki kebijakanya untuk kepentingan masyaratnya.

Diskursus tentang “Spirit Baru Peradaban Banten” harus menjadi tanggung jawab dan tema besar kita semua, untuk kemudian menggali semua potensi positif yang ada di sekitar kita, sebagai modal penting untuk terus kita dorong menjadi energi besar untuk mewujudkan Peradaban Banten yang lebih maju, berkeadilan sesuai dengan kearifan dan keadaban lokal yang manusiawi dan diridhoi Allah SWT.

Hal ini menjadi milik semua warga, sekaligus menjadi tanggung jawab kita semua sebagai pandangan baru kita yang visioner yang bisa kita wujudkan dimasa-masa yang akan datang, semoga.

Pandangan yang dangkal dan upaya sharing saya ini, pastilah belum layak dan banyak kekuranganya, kebetulan pula saya bukanlah penulis. Semoga kekurangan yang ada akan lebih dilengkapi jika para ahli dan ilmuan di Banten tertarik mengupas lebih dalam dan lebih bisa dipertanggungjawabkan melaui forum-forum yang lebih tepat dan memadai mari terus suarakan, membangun spirit peradaban Banten yang lebih baik.

Penulis adalah mantan Kepala Desa Balekambang, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, anggota DPRD kabupaten Serang 2009-2014, anggota DPRD Kabupaten Serang 2014-2019, Ketua BM PAN Banten periode 2012-2017, ikut aktif di Walhi Lampung, pernah aktif di forum masyarakat Serang Barat (formaseb),  menjadi senior fasilitator program pemberdayaan masyarakat P2KP Banten untuk penanggulangan kemiskinan dan perkotaan, dan saat ini Ketua DPW PAN Provinsi Banten.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...