HGN ads Bekasi

Cilegon Ethnic Carnaval, Potensi Gaet Wisatawan ke Banten

0 573

BANTEN,PenaMerdeka – Selain kaya destinasi wisata alam, Banten juga banyak mengantongi budaya wisata atraksi. Cilegon Ethnic Carnaval (CEC) Tahun 2017 adalah rangkaian upaya menggaet wisatawan lokal dan mancanegara supaya datang ke Banten, pada Sabtu (29/4).

Carnaval pada tahun ini merupakan event serupa Festival of Krakatau yang juga digunakan untuk acara pemberdayaan cagar budaya di Lampung. Dalam gelaran tersebut akan menampilkan berbagai multi etnis yang ada di Kota Cilegon diantaranya Paguyuban Padang, Tapanuli, Bali, Malang, Manado, Makassar, Dayakan, Sunda, Palembang, Papua, dan Tionghoa.

Cilegon Ethnic Carnaval 2017 akan menampilkan berbagai macam kebudayaan dan etnik yang berkembang di Kota Cilegon tanpa menghilangkan budaya asli kota ini. Keragaman adat budaya warga yang tinggal di Cilegon memang menjadi kekuatan baru untuk membuat kota ini menjadi Kota Metropolis.

Namun tetap menjunjung adat budaya dan peduli akan lingkungan. tampaknya juga mampu menyedot wisatawan dari domestik dan asing.

Event Cilegon Ethnic Carnaval
Keragaman budaya dan hamparan alam indah di Kota Cilegon potensi mendulang ekonomi semua pihak (© Karnaval Multi Etnis Cilegon, Banten)

Sebagai leading sektor kepariwisataan di Banten, Dinas Pariwisata Banten akan mendukung kegiatan atraksi budaya ini. Bahkan, Kadispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati meyakini kalau Cilegon Ethnic Carnaval mampu menghadirkan turis domestik maupun mancanegara.
Sehingga menurutnya pendapatan sektor wisata akan bertambah seperti pendapatan dari hotel dan restoran.

“Kesempatan ini juga harus digunakan untuk mempromosikan potensi wisata di Kota Cilegon,” katanya.

Jadi kata Eneng berharap, dampaknya juga akan berpengaruh kepada PAD. Apalagi, banyak destinasi menarik di Kota Cilegon yang bagus buat dikunjungi.

“Topografi wilayah Cilegon yang berupa hamparan pegunungan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengujung akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang,” ucapnya.

Selain itu, terdapat Gunung Batur yang merupakan salah satu tujuan wisata argo, hingga Krakatau Country Club yang dibangun dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan rekreasi keluarga. Maka itu kita berharap penyelenggaraan Cilegon Ethnic Carnaval kedepan bisa menguntungkan semua pihak. (advertorial)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE