HUT RI 76

Indonesia Berhasil Terpilih sebagai Dewan Eksekutif UNESCO

JAKARTA,PenaMerdeka – Indonesia dilaporkan berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode tahun 2017-2021. Indonesia juga terpilih dalam pemilihan yang berlangsung pada Sesi ke-39 General Conference UNESCO di Paris, Prancis, kemarin.

Menurut laporan Kementerian Luar Negeri, Indonesia bersama dengan India, Jepang, China, Filipina, dan Bangladesh juga terpilih untuk duduk sebagai jabatan tersebut periode 2017-2021 di Kelompok Asia Pasifik.

Dalam pemilihan Dewan Eksekutif UNESCO berlangsung dengan kondisi tertutup, Indonesia juga mengantongi 160 suara dan mendapatkan peringkat ke tiga pada Grup Asia Pasifik. Indonesia hanya kalah dari Jepang dan India yang secara berurutan menempati posisi pertama dan kedua.

“Terpilihnya Indonesia sebagai anggota di tempat tersebut dengan periode 2017-2021 bisa memberi ruang yang strategis bagi Indonesia agar dapat berkontribusi menentukan standard setting yang dilakukan UNESCO,” ujar Duta Besar Indonesia untuk UNESCO, Dr. Hotmangaradja Pandjaitan.

Terpilihnya Indonesia dinilai sangat strategis untuk kepentingan nasional. Mengingat negara anggota jabatan tersebut mempunyai kesempatan agar lebih menyuarakan kepentingannya dan ikut menentukan putusan-putusan UNESCO.

Hal tersebut juga sejalan dengan besarnya kepentingan di Indonesia dalam bidang kerja Dewan Eksekutif UNESCO. Lebih utamanya ada pada  bidang pendidikan dan kebudayaan. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments