Honor Ribuan TKK di Bekasi Terancam Mandek

BEKASI,PenaMerdeka – Honor ribuan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) pada lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, sampai akhir Januari 2018 terancam terlambat. Pemerintah daerah beralasan Surat Ketetapan (SK) ribuan TKK belum terbit sampai di penghujung bulan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi, Sopandi Budiman mengatakan ia belum menerima SK. Pencairan dana itu tergantung dari penerbitan SK yang dimiliki masing-masing tenaga kerja itu.

”Belum ada SK yang diberikan kepada kami. Pencairan dana tersebut tergantung dari penerbitan SK yang dimiliki masing-masing TKK itu,” katannya saat di hubungi PenaMerdeka.com.

Menurut Sopandi, hingga saat ini untuk pencairan dana pekerja tahun 2018 jumlahnya mencapai Rp390 miliar. Dana itu untuk mengcover seluruh honor pekerja kontrak sebanyak 5.151 pekerja.

Dia menegaskan, dana itu tinggal dicairkan saja. Namun, sejauh ini belum ada pemberitahuan soal tambahan jumlah pekerja tahun 2018. Sebab, kewenangan pekerja kontrak semuanya sudah diambil alih oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi untuk kewenangan.

Bahkan, besaran gaji TKK sudah disesuaikan tingkat kelulusan pegawai. Tetapi  diperkirakan honor tersebut mulai dari Rp3,5-3,9 juta per bulan tiap pegawai itu. Menurutnya gaji pekerja tersebut disesuaikam saat melamar dengan izasah SMA ataupun S1.

Sopandi menambahkan, bahwa selama ini honor yang sudah diterima pekerja itu berasal dari APBD. Namun, sejak bulan Januari ini hingga pertengahan bulan Februari 2017 ini, belum kunjung ada yang menerima pembayaran.

”Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini dokumen DPA sudah dapat dicairkan oleh masing-masing dinas,” pungkasnya.

Berdasarkan catatan Pemkot Bekasi, tahun 2018 ini honor TKK yang sudah tercatat dalam APBD 2018 mencapai kisaran angka Rp390 miliar. Dana tersebut untuk mengcover 5.151 pegawai Tenaga Kerja Kontrak yang tersebar pada puluhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bekasi. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah