Salju di Rusia Ini Bersuana Planet Mars

SOCHI,PenaMerdeka – Fenomena alam langka terjadi di Sochi, Rusia. Salju putih yang menutupi tanah di wilayah tersebut tiba-tiba berubah warna menjadi oranye. Warga setempat menikmati pemandangan unik itu merasa seperti berada di planet Mars. Kejadian tersebut berlangsung pada hari Sabtu pekan lalu.

Perubahan warna salju itu diakibatkan pasir dan debu yang dibawa angin dari Afrika Utara ke Rusia.

“Kami sedang bermain ski di planet Mars hari ini,” tulis warga Sochi, pengguna akun Instagram nazd123 yang mengunggah video sedang bermain ski di salju.

Menurut citra satelit NASA, badai pasir sudah menembus Yunani hingga sampai ke Rusia. Melansir dari CNN, Observatorium Athena mengatakan kejadian itu ialah salah satu transfer terbesar badai pasir ke Yunani dari Sahara yang pernah ada.

Menurut Layanan Meteorologi Observatorium, debu Afrika sudah menutupi seluruh negeri dan tercatat yang terbesar dalam 10 tahun terakhir ini.

Di Sochi, debu oranye yang mengubah warna salju seperti di planet Mars sudah menyebabkan jarak pandang para pengguna jalan menjadi terbatas. Warga yang menuruni lereng-lereng di Sochi memilih untuk berjalan hati-hati. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan