Kebakaran Hutan di Yunani, 74 Orang Meninggal Dunia

YUNANI,PenaMerdeka – Akibat kebakaran hutan di Yunani, 74 orang meninggal dunia. Mereka terkepung api, di dalam mobil ataupum terpojok sampai ke tebing tinggi. Beberapa diantara mereka yang putus asa melompat untuk menyelamatkan diri.

Melansir dari Reuters, insiden terparah ini terjadi di desa Mati, sekitar 29 km sebelah timur Athena. Langit yang memerah api dapat terlihat dari Athena, melatari kuil Parthenon.

Pada Selasa (24/7) lalu, korban kebakaran hutan ini ditemukan di jalan-jalan, di antara mobil yang tersisa rangkanya saja karena hangus. Petugas berhasil penyelamat menemukan 26 mayat, sebagian masih anak-anak, yang terkumpul pada sebuah tebing.

Kepala Palang Merah Yunani, Nikos Economopoulos mengatakan, mereka terkepung dan terpojok sampai ke tebing yang mengarah ke lautan. Beberapa orang telah melompat ke laut untuk menyelamatkan diri, ataupun berlari ke pantai.

“Kami masuk ke laut lantaran api yang berusaha mengejar kami hingga ke air. Punggung kami terbakar dan kami berhasil menyelam ke air,” ucap Kostas Laganos, warga yang selamat.

Laganos membandingkan hal ini dengan kehancuran kota Pompeii di tahun 79 Masehi akibat letusan gunung berapi yang sudah menewaskan ribuan orang.

“Saya berkata ‘Ya Tuhan, kami harus lari dan juga menyelamatkan diri’,” paparnya.

Sedikitnya 74 orang tewas dalam insiden ini. Korban termuda ialah bayi berusia enam bulan yang meninggal lantaran menghirup asap. Sebanyak 187 orang terluka, 23 di antaranya anak-anak. Beberapa negara tetangga juga sudah turun tangan membantu.

“Warga Yunani tengah mengalami salah satu masa tersulit yaitu kebakaran hutan ini. Tak ada kata yang mampu menggambarkannya,” pungkas Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras. (uki)

Click To Comments