Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

India Luncurkan Program Jaminan Kesehatan Terbesar di Dunia

51

INDIA,PenaMerdeka – Pemerintah India resmi meluncurkan program jaminan kesehatan terbesar di dunia. Narendra Modi, Perdana Menteri India mengatakan, skema asuransi itu akan mencakup sekitar 500 juta rakyat miskin.

Program yang dijuluki “Modicare” ini menjanjikan pembiayaan sebesar 500.000 rupee atau sekitar Rp 102,6 juta untuk setiap warga miskin dengan penyakit yang serius.

AFP memberitakan, kebijakan terbaru program jaminan kesehatan ini diperkirakan menghabiskan bujet dari pemerintah pusat dan 29 pemerintah negara bagian hingga 1,6 miliar dollar AS atau Rp 23,7 triliun per tahun.

Anggaran ditingkatkan seiring berjalannya pertumbuhan permintaan bagi rakyat miskin. Modi menyerahkan kartu kesehatan pada peluncuran program itu di Ranchi, Jharkhand, Minggu (23/9/2018) kemarin.

“Ini hari bersejarah di India. Langkah besar menuju penyediaan layanan yang berkualitas dan bisa diakses oleh rakyat miskin di India. Lebih dari 100 juta keluarga bakal mendapat manfaat,” cakapnya.

Selama ini, sistem di India mengalami kekurangan rumah sakit dan dokter. Sementara, orang yang mampu memilih untuk memanfaatkan klinik dan rumah sakit swasta.

Diketahui, untuk konsultasi pribadi dapat menghabiskan biaya 1.000 rupee atau Rp 205.000, jumlah yang sangat besar untuk jutaan orang yang hidup dengan pendapatan dari 2 dollar AS (Rp 29.600) per hari.

Pemerintah India memperkirakan lebih dari 60 persen pengeluaran keluarga rata-rata digunakan untuk membeli obat-obatan dan perawatan. Maka itu pemerintah meluncurkan program jaminan kesehatan terbesar di dunia. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...