Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Terkuak! AS Nyaris Kenakan Bom Nuklir dalam Perang Vietnam

102

WASHINGTON,PenaMerdeka – Militer Amerika Serikat (AS) hampir mengenakan bom nuklir untuk menyerang kubu komunis dalam Perang Vietnam. Rencana yang disusun komandan pasukan Washington itu terkuak dalam dokumen rahasia yang dirilis The New York Times.

Jenderal William Westmoreland, yang memimpin operasi militer Amerika dalam Perang Vietnam tahun 1964-1968 mengizinkan transfer senjata itu ke negara Asia Tenggara sebelum Penasihat Keamanan Nasional; Walt W. Rostow, memberi tahu Gedung Putih.

Laporan Rostow itulah mendorong Presiden Lyndon Johnson agar segera membatalkan penyebaran senjata bom nuklir yang bisa memicu Perang Dunia III.

Rencana penggunaan senjata mengerikan itu muncul usai militer AS terjebak dalam kebuntuan ketika melawan Tentara Vietnam Utara (NVA) di tengah-tengah Pertempuran Khe Sanh selama sebulan. Menurut dokumen, Jenderal Westmoreland menyusun skema kontijensi menggunakan senjata nuklir jika pasukan AS dikuasai musuh.

Rencana rahasia bernama kunci “Fracture Jaw” mengharuskan senjata AS itu untuk dipindahkan dari Okinawa, Jepang ke Vietnam Selatan oleh komando Pasifik AS, di bawah kepemimpinan Laksamana Ulysses Simpson Grant Sharp Jr.

Rencana operasi secara rahasia itu bakal digerakkan di bawah sebuah memo yang dikirim oleh Westmoreland ke Sharp pada 10 Februari 1968. Setelah Presiden Johnson diberitahu rencana itu oleh Rostow melalui memorandum “eyes only”, sang presiden segera menghentikan operasi.

“Saat Presiden Johnson mengetahui perencanaan telah dimulai, dia sangat kesal dan dengan paksa mengirimkan kabar melalui Rostow dan saya pikir, langsung ke Westmoreland agar menutupnya,” terang Tom Johnson, seorang asisten khusus untuk presiden.

The New York Times memberitakan, menurut Tom Johnson, meski menekan jenderal AS untuk memenangkan Pertempuran Khe Sanh, Presiden ke-36 AS itu khawatir perang yang lebih luas bisa pecah dengan China jika konflik semakin meningkat.

Pertempuran Khe Sanh di Provinsi Quang Tri barat laut salah satu bentrokan hebat yang terjadi antara tentara Amerika dan Vietnam Utara selama Perang Vietnam. Pada awal pertempuran pada 21 Januari sekitar 6.000 Marinir AS dan tentara Vietnam Selatan dikerahkan menghadapi sekitar 20.000 pasukan dari Tentara Vietnam Utara (NVA).

Pada saat itu juga, sebanyak 45.000 tentara AS dan sekitar 100.000 pasukan Vietnam Utara diambil bagian dalam pertempuran 77 hari, di mana kedua pihak sama-sama mengklaim kemenangan perang itu. Namun, AS ketahuan nyaris menggunakan bom nuklir. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...