Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kata Timsel Soal Tiga Hal Penting Menuju Sepuluh Besar Calon Komisioner KPU

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Setelah melewati tahapan tes tulis lalu psikotes, 25 peserta calon Komisioner KPU Kota Tangerang, Kota Serang serta Kabupaten Serang mengikuti tahapan tes wawancara oleh Tim Seleksi (Timsel).

Tes wawancara calon penyelenggara pemilu untuk tiga wilayah ini digelar di ruang pertemuan hotel Novotel, Jalan Jendral Sudirman, Babakan Kota Tangerang, Selasa (30/10/2018).

Suwaib Amiruddin, Ketua Timsel Komisioner KPU mengatakan, pada tes wawancara kali ini dibarengi dengan tes kesehatan. Dan para peserta calon komisioner KPU diminta menjabarkan tiga poin penting yang akan ditanyakan oleh Timsel agar lolos ke tahapan berikutnya.

Pada tahapan ini, sebanyak 25 orang peserta diuji pengetahuannya soal sejarah sistem politik Indonesia. Selain itu ada juga sejumlah pertanyaan terkait manajemen kepemiluan.

Kata dia, pihaknya juga menguji seberapa jauh pengetahuan peserta tentang Peraturan Perundang-undangan, sebab hal ini juga menjadi poin penting dalam penilaian Pansel Komisioner KPU.

“Selain tiga poin tersebut, peserta calon Komisioner KPU juga diminta membuat makalah profil dirinnya. Dimana dalam makalah tersebut harus menjabarkan pengalamannya setiap mengikuti kegiatan Pemilu,” kata Ketua Timsel.

Suwaib memaparkan, dari 25 peserta yang mengikuti tes wawancara ini, Pansel akan memilih sepuluh peserta yang dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu uji kelayakan (Fit dan Proper test).

Pada uji kelayakan menurut Suwaib, sesuai aturan yang berlaku, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada KPU RI.

“Hasil tes wawancara akan kita umumkan pada tanggal 7 November 2018. Dari 25 peserta, nanti akan mengerucut menjadi 10 peserta untuk mengikuti uji kelayakan di KPU R,” paparnya. (redaksi/tim)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...