Ads Helmi Halim

Pemerintah Jepang Gantung Dua Orang Pelaku Pembunuhan

0 232

TOKYO,PenaMerdeka – Pemerintah Jepang dilaporkan sudah menghukum mati dua orang pelaku pembunuhan dengan cara digantung. Diketahui, pelaku melakukan hal itu 30 tahun lalu.

Dengan adanya dua orang pelaku ini, membuat Jepang telah mengeksekusi 15 orang dalam kurun waktu setahun terakhir.

Takashi Yamashita, Menteri Kehakiman Jepang mengatakan, kedua pelaku itu bernama Keizo Kawamura (60) dan Hiroya Suemori (67) telah melakukan kejahatan yang sangat keji.

Keduanya membunuh seorang kepala perusahaan investasi beserta karyawannya pada 1988 dan mengubur dalam beton di sebuah pegunungan.

Selain membunuh, keduanya juga membawa lari uang 100 juta yen atau sekitar USD 900 ribu. Vonis mati dijatuhkan terhadap keduanya pada tahun 2004 lalu.

Melansir dari ArabNews, eksekusi setelah pertimbangan yang cermat, dan menjelaskan bahwa Jepang tak akan menghentikan hukuman mati dalam waktu dekat.

“Ini kejahatan kejam yang mengguncang masyarakat. Kejahatan keji tak bisa menghindari hukuman mati. Saya percaya tak pantas menghapus hukuman mati,” kata Takashi, Jum’at (28/12/2018).

Dengan 100 narapidana yang dijatuhi hukuman mati, Jepang salah satu dari sedikit negara maju yang mempertahankan hukuman mati dan dukungan publik praktek hukuman mati tetap tinggi meski ada kritik internasional.

Jepang terhitung sepanjang tahun 2018 lalu sudah menggantung 15 narapidana. Jumlah ini sama pada tahun 2008. Ini merupakan angka tertinggi sejak negara itu mengumumkan eksekusi secara terbuka pada tahun 1998. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...