Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Sejarah Global, China Daratkan Kendaraan Luar Angkasa di Sisi Gelap Bulan

0 252

BEIJING,PenaMerdeka – Badan Luar Angkasa China sukses mendaratkan kendaraan luar angkasa miliknya, Chang’e, pada sisi jauh Bulan atau gelap. Pendaratan ini sekaligus menjadi momen bersejarah global yang pertama di dunia.

Pada sisi jauh Bulan merupakan sebutan bagi belahan Bulan yang tak pernah menghadap ke Bumi, karena terdapatnya rotasi Bulan.

Terkadang pada sisi jauh Bulan ini keliru disebut sebagai ‘sisi gelap Bulan’, padahal belahan tersebut tetap disorot cahaya Matahari sama seperti belahan yang menghadap ke Bumi.

Media nasional China, China Daily, memberitakan pada Kamis (3/1/2019) pagi waktu setempat bahwa kendaraan luar angkasa (lunar probe) Chang’e sudah melakukan pendaratan di sisi jauh Bulan.

Hal ini menjadi tonggak yang dinilai penting dalam upaya China menempatkan diri sebagai kekuatan luar angkasa terkemuka.

Diketahui bahwa Chang’e diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, China pada 8 Desember 2018 kemarin.

Menjelang empat hari kemudian, Chang’e berhasil masuk ke orbit Bulan. Kemudian pada 30 Desember 2018 kemarin, Chang’e memasuki orbit elips, bergerak dalam jarak 15 kilometer di atas permukaan Bulan.

Kendaraan luar angkasa yang bernama lengkap Chang’e 4 rover ini memiliki ukuran panjang 1,5 meter dan lebar juga tinggi sekitar 1 meter, kemudian dilengkapi dengan dua panel surya yang dapat dilipat dan enam roda.

Begitu selamat mendarat pada permukaan Bulan, Chang’e mempunyai daftar panjang misi yang harus dilakukan.

Mulai dari eksperimen radio astronomi frekuensi rendah pertama di Bulan, mengamati tanaman akan bisa tumbuh di lingkungan dengan gaya gravitasi rendah, hingga menjelajah ada air atau sumber daya lain di kutub Bulan. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...