Belanda Bakal Bayar Warganya Yang Bersedia Naik Sepeda

0 213

AMSTERDAM,PenaMerdeka – Belanda saat ini mempunyai sepeda lebih banyak dari pada manusia dengan jumlah 23 juta. Bahkan, Belanda pun bakal membayar warganya yang bersedia naik sepeda.

Pemerintah Belanda kini telah mengumumkan akan menginvestasikan USD390 juta untuk infrastruktur sepeda agar 200.000 orang lebih bisa berkomuter dengan sepeda dalam tiga tahun mendatang.

Sebanyak lebih dari 15 rute telah dikembangkan menjadi “jalan tol sepeda” yang khusus digunakan para pengendara sepeda.

“Sebanyak 25.000 tempat parkir sepeda bakal dibangun dan lebih dari 60 fasilitas gudang sepeda akan diperbaiki,” terang Stientje Van Veldhoven, Menterian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda.

Kebijakan seperti ini bukan karena tak banyak warga yang bersepeda di Belanda. Pada 2016 lalu, lebih dari seperempat total perjalanan dilakukan warga Belanda dengan naik sepeda, menurut data itu Institut Belanda untuk Analisis kebijakan Transportasi.

Namun, hanya 25% perjalanan tersebut yang terkait untuk ke tempat kerja, dibandingkan dengan 37% yang melakukannya untuk bersantai. Sisanya untuk sekolah, belanja, ataupun aktivitas lain.

Menurut Van Veldhoven, sekitar 50% orang di Belanda tinggal kurang dari 15 km dari tempat kerja dan lebih dari setengah komuter dengan mobil menempuh jarak kurang dari 7,5 km. Jarak itu dengan mudah diganti dengan sepeda.

Belanda saat ini memberi imbalan kepada komuter pengguna sepeda dengan kredit pajak mencapai USD0,22 per km. Berbagai perusahaan dan karyawan pun sepakat dengan jarak rute sepeda per orang.

Pemerintah Belanda pun berharap akan ada perubahan dengan mempromosikan kebijakan itu lebih gencar dan melibatkan lebih banyak perusahaan. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...