HUT RI 76

Terbang ke Luar Angkasa, Toyota Bakal Siapkan Kendaraan Antariksa

JEPANG,PenaMerdeka – Tercium kabar, bahwa produk Toyota bakal terbang ke luar angkasa untuk menyiapkan kendaraan antariksa.

Hal ini dapat terjadi usai Toyota menandatangani kerjasama dengan lembaga antariksa Jepang, JAXA untuk penjelajahan luar angkasa nanti.

Melansir dari Autocar India, Senin (18/3/2019), dalam kerjasama ini, diungkapkan bahwa kolaborasi keduanya untuk menciptakan wahana antariksa yang memanfaatkan teknologi fuel cell.

Bentuknya beragam, terutama untuk membantu manusia mengeksplorasi benda langit. Contoh terdekat adalah bulan, dengan kemampuan hingga 10.000 kilometer.

“JAXA mengejar kerjasama internasional dalam membantu Jepang dalam penjelajahan antariksa. Kami targetkan teknologi Jepang yang dapat meningkatkan peluang keberhasilan dalam penjelajahan,” terang Hiroshi Yamahakawa, Presiden JAXA.

“Kerjasama dengan Toyota meningkatkan rasa percaya kami. Kami ingin memanfaatkan teknologi mobilitas Toyota membuat wahana antaraiksa untuk awak astronot,” lanjutnya.

Presiden Toyota, Akio Toyoda pun menyambut kerja sama ini. Kata dia, kerjasama ini mendorong Toyota menjadi salah satu perusahaan perkembangan zaman dan kebutuhan untuk mengekplorasi antariksa.

“Saya senang dan berharap memberikan kendaraan yang mempunyai durabilitas dan performa kendaraan Toyota dengan teknologi fuel cell kami,” kata Toyoda.

JAXA gencar mempelajari skenario yang bisa dilakukan dengan teknologi yang dibuat khusus untuk misi angkasa luar ini. Ditargetkan 2030 proyek ini terlaksana dengan target peluncuran ke angkasa pada 2029.

Spesifikasi konsep wahana antariksa ini memiliki panjang 6 meter, lebar 5,2 meter, tinggi 3,8 meter. Luas kabin dapat dihuni dua orang astronot, atau empat orang keadaan darurat. (ri)

Disarankan
Click To Comments