China: Perang Vs AS Jadi Bencana Dunia Jika Trump Banyak Campuri Taiwan

0 505

SINGAPURA,PenaMerdeka – Wei Fenghe, Menteri Pertahanan China menyebutkan bahwa apabila pihaknya melancarkan perang vs AS (Amerika Serikat) nantinya bakal potensi menjadi bencana dunia.

Wei mengatakan hal tersebut sebagai peringatan bagi Washington agar tidak ikut campur dalam masalah Taiwan dan Laut China Selatan.

China sebelumnya sudah marah soal langkah-langkah terbaru pemerintahan Presiden AS Donald Trump yang meningkatkan dukungan bagi kubu berkuasa di Taiwan.

Langkah Washington termasuk pelayaran kapal perang Angkatan Laut AS melalui Selat Taiwan yang memisahkan pulau itu dari daratan China.

Hal itu dikatakan Wei saat berbicara di Shangri-La Dialogue di Singapura, sebuah forum pertemuan puncak pertahanan Asia.

Kata Wei, China bakal “bertarung sampai akhir” jika ada yang mencoba mengganggu hubungan dengan Taiwan, yang Beijing anggap wilayah suci yang akan diambil secara paksa jika perlu.

“China tak akan menyerang kecuali kami diserang. Kedua pihak menyadari konflik, atau perang antara keduanya akan membawa bencana bagi kedua negara dan dunia,” tuturnya.

Seperti diketahui Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara lain tak mempunyai hubungan formal dengan Taiwan. Namun merupakan pendukung dan sumber utama senjata bagi wilayah tersebut. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...