PBB Kecam Netanyahu yang Bakal Caplok Tepi Barat

0 126

NEW YORK,PenaMerdeka – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, menyatakan prihatin rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mencaplok bagian-bagian dari Tepi Barat jika terpilih kembali sebagai perdana menteri.

Guterres mengatakan tindakan tersebut merupakan ilegal dan mengancam prospek perdamaian regional.

“Langkah-langkah seperti itu, jika diterapkan, bakal merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional,” terang Antonio dalam sebuah pernyataan.

Melansir dari Reuters, hal itu akan menghancurkan potensi menghidupkan kembali negosiasi dan perdamaian regional, sementara sangat merusak kelangsungan solusi dua-Negara.

Sebelumnya, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersumpah mulai menganeksasi permukiman Tepi Barat jika dirinya terpilih kembali dalam pemilu pekan depan.

Pemimpin Israel itu mengeluarkan pernyataan itu mendapatkan suara dari kelompok garis keras Israel pada menit-menit terakhir jajak suara jelang pemilihan umum Israel pada 17 September.

Jajak pendapat ini diharapkan menjadi persaingan ketat antara partai Likud sayap kanan Netanyahu melawan partai tengah Biru dan Putih, yang dipimpin oleh mantan Kepala militer Benny Gantz. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...