Melihat Harga BBM Termurah di Dunia, Hanya di Venezuel Bayar dengan Sebatang Rokok

0 2.396

CARACAS,PenaMerdeka – Pemilik kendaraan di Venezuela belum lama ini sudah menikmati harga BBM termurah di dunia. Sebab, mendapatkan subsidi dari pemerintah, mengisi penuh tanki bahan bakar hanya perlu membayar kurang dari satu sen dolar AS.

Namun, saat ini semua tersebut tidak lagi bisa dinikmati. Kondisi ekonomi yang carut marut membuat mereka harus membeli BBM dengan makanan, permen, atau dengan sebatang rokok saja.

Kondisi itu terjadi lantaran hiperinflasi yang membuat mata uang Venezuela, Bolivar, sulit ditemukan dan membuat beberapa denominasi sama sekali tidak berharga, sehingga tak ada yang akan menerimanya.

Tanpa uang tunai di dompet mereka, para pemilik kendaraan di negara ujung utara Amerika Selatan itu seringkali menyerahkan satu tas nasi, minyak goreng, atau apa pun yang dapat diterima oleh petugas pompa bensin.

“Anda bisa membayar dengan rokok. Bukan rahasia bagi siapa pun bahwa itu tidak ada artinya,” tutur Orlando Molina, mengisi subcompact Ford Ka di Caracas seperti mengutip dari AP, Rabu (23/10/2019).

BBM sangat murah sekali sehingga petugas SPBU tidak tahu harganya itu. Pengemudi cukup melambaikan tangan tanpa membayar apa-apa.

Penduduk Caracas, Maria Perez, satu hari baru-baru ini mengisi BBM dengan menyerahkan kepada petugas SPBU setara dengan satu sen, pecahan terkecil yang dimiliki.

Ia mengatakan, kebanyakan pengemudi akan dengan senang hati membayar harga BBM yang sebenarnya jika pemerintah akan menggunakan hasilnya untuk berinvestasi dalam pelayanan.

BBM di Ibu Kota Venezuela, Caracas, pusat kekuasaan dan pusat populasi terbesar, sejauh ini telah kebal dari kekurangan dan antrean sepanjang satu mil yang mengganggu seperti di bagian lain negara itu dan dapat membuat pengemudi menunggu berhari-hari untuk mencapai SPBU.

Pejabat menyalahkan kondisi tersebut kepada sanksi AS terhadap PDVSA. Sistem barter ini, walaupun mungkin membuat iri pengemudi yang kekurangan uang di luar negeri, hanyalah gejala lain dari kekacauan di Venezuela. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE