HGN ads Bekasi

Selepas Lulus, Begini Kegundahan Tamatan SMK di Banten 

0 217

BANTEN,PenaMerdeka – Badan Pusat Statistik (BPS) dalam statmennya menyebut angka pengangguran di Banten sebesar 8,11 persen didominasi asal tamatan SMK. 

Menurut Andri Adriansyah (20) semenjak lulus sekolah tahun 2017 di SMK Prisma Serang jurusan teknik mesin mengaku sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan alias masih menganggur.

Padahal, Andri sudah berusaha keras memasukan lamaran pekerjaan di Cikande dan perusahaan di wilayah Tangerang. Namun belum juga mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Ia menceritakan, semenjak di sekolah, dirinya mengikuti pelatihan atau bimbingan pelatihan kerja, bahkan pihak sekolah pun menginformasikan adanya lowongan kerja.

“Waktu saya di sekolah, sempat ikut pelatihan kerja dari BLKI datang ke sekolah, dan semenjak lulus sekolah menginformasikan lowongan kerja melalui grup WA,” jelasnya.

“Sekarang nyari kerja susah bang, padahal saya sudah berusaha melamar pekerjaaan. Masukin lamaran kesana kesini tapi sampai sekarang masih belum ada panggilan, masih menganggur,” keluhnya.

Sementara kata Diki Septiadi (19) Lulusan Tehnik Mesin  SMK-Negeri 4 Kota Serang Tahun 2018 hingga saat ini dia belum mempunyai peruntungan kerja. Meski semenjak lulus sekolah Diki mengklaim berusaha untuk melamar pekerjaan di Kabupaten Serang bahkan sampai ke Kabupaten Tangerang.

“Lamaran kerja saya udah taruh ke pabrik Kabupaten Serang dan paling Jauh Kabupaten Serang. Tapi belum ada panggilan kerja, susah banget nyari kerjaan,” ujarnya.

Diki menceritakan, sebelum lulus sekolah, pihak sekolah tidak pernah mengadakan pelatihan kerja. Akan tetapi sekolah hanya menginformasikan lowongan kerja.

“Waktu masih sekolah, pelatihan kerja ga ada, cuma ada informasi lowongan pekerjaan dari sekolah. Saya ke pingin dapat kerja biar ga sia sia dan membahagiakan orang tua,” harapnya. (tim/red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE