Ibu Rumah Tangga Komplain Belajar Metode Daring: Duh Kuras Kantong Belanja!

ANGGARAN BELANJA MENIPIS SELAMA PANDEMI

0

BANTEN,PenaMerdeka – Sejumlah ibu rumah tangga mengaku mengeluhkan soal siswa melaksanakan praktik belajar metode daring. Kedepan harus dicarikan solusi selama belajar tatap muka belum bisa dilaksanakan.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, selain sempat menyita waktu untuk belajar di rumah, saat ini biaya yang dikeluarkan ibu rumah tangga setiap hari untuk internet juga menyedot kantong belanja mereka.

Menurut Yulinsa ibu rumah tangga asal Pedurenan, Karang Tengah, Kota Tangerang, setiap hari pengeluaran untuk membeli kuota internet mencapai Rp50 ribu.

“Setiap hari Rp50 ribu mas, saat pandemi Corona ini penghasilan yang sedang berkurang drastis, akhirnya kerasa juga nguras kantong belanja. Sangat berpengaruh,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Meskipun pendidikan menjadi kebutuhan bagi anaknya yang sekarang mengenyam pendidikan sekolah dasar di bilangan Pinang, Kota Tangerang, dengan kondisi sekarang perlu ada peran pemerintah.

“Kita pingin dapat bantuan dari pemerintah. Supaya mengurangi beban pengeluaran,” tukasnya.

Dia menandaskan, apakah ada kebijakan yang lebih efisien dan efektif di masa pandemi selain belajar daring? Karena belajar tatap muka sepanjang wilayah masih tercatat zona merah atau kebijakan PSBB masih berjalan, belajar di kelas belum bisa dilaksanakan.

Sementara Umi Kulsum (41) ibu rumah tangga berdomisili di wilayah Neglasari, Kota Tangerang juga mengaku sama.

“Waktu kita memang tersita, tetapi itu tidak terlalu jadi masalah lantaran saat ini sedang phsycal distancing,” ucap ibu beranak tiga ini.

Dia mengaku secara ekonomi, untuk biaya sekolah dia juga mengaku di tahun ajaran baru 2020 ini baru menyekolahkan anaknya yang masuk sekolah tingkat pertama swasta.

“Untuk biaya masuk sekolah SMP juga lumayan besar. Lalu nanti ada SPP dalam setiap bulan,” ungkapnya.

“Berat juga mas, pemerintah harus turun tangan untuk untuk membantu sistem pembelajaran daring. Ada beberapa season, pertama zoom meeting, lalu ada juga menonton video. Ini lumayan menyedot pulsa internet,” tukasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...