KPK Pastikan Tetap Cari Tersangka Kasus Korupsi yang Buron, Termasuk Harun Masiku

TANGGAPI PERNYATAAN ICW

JAKARTA,PenaMerdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan, bakal tetap mencari para tersangka kasus korupsi yang berstatus buron. Hal itu juga termasuk memburu eks caleg PDI-P Harun Masiku.

“Kami tentu hargai masukan dari ICW tersebut, namun demikian perlu kami sampaikan bahwa setelah tertangkapnya tersangka HS (Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal, Hiendra Soenjoto), KPK juga terus mencari keberadaan para DPO lainnya termasuk tersangka HAR (Harun),” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menanggapi Indonesia Corruption Watch (ICW), Senin (2/11/2020).

Ali menjelaskan, satgas pencarian Harun Masiku juga telah dievaluasi untuk mengoptimalkan pencarian Harun yang sudah buron selama sembilan bulan.

“Satgas yang bertanggung jawab menyelesaikan perkara dimaksud telah pula dilakukan evaluasi agar lebih optimal dalam upaya proses pencarian DPO dimaksud,” katanya.

Mengenai usulan ICW, lanjut Ali perkara Nurhadi dan kawan-kawan dilakukan oleh beberapa kepala satgas penyidikan, termasuk satgas yang dipimpin Novel Baswedan.

Ali pun menyampaikan, penugasan tim penyidik KPK diberikan oleh Direktur Penyidikan sesuai porsi beban kerja perkara yang sedang diselesaikan oleh masing-masing satgas.

Adapun tugas dan kewajiban satgas di antaranya pengumpulan alat bukti dan pemberkasan perkara termasuk mencari tersangka yang ditetapkan sebagai buronan.

“Jika tersangkanya ditetapkan sebagai DPO maka menjadi tanggungjawab dari satgas yang dari awal telah ditunjuk menyelesaikan berkas perkara tersebut untuk mencari keberdaan DPO dimaksud,” jelasnya. (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...