Bangunan Liar Pangkas Luas Aset Rawa Cipondoh Tangerang

BERJEJER BIKIN SESAK

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Puluhan bangunan liar berjejer di sepanjang bantaran Rawa Cipondoh, Jalan KH Hasyim Ashari, Kota Tangerang. Keberadaan tempat itu sangat dikhawatirkan, sebab banyak oknum yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Sehingga, luas dari Situ Cipondoh mulai berkurang sedikit demi sedikit memangkas aset tempat tersebut. Kondisinya pun nampak sesak, semerawut dipenuhi pembangunan semi permanen.

BANYAK OKNUM BIKIN KHAWATIR

Melihat hal tersebut, Gubernur Banten, Wahidin Halim menyebutkan, keberadaan situ yang dahulu asri kini sangat mengkhawatirkan. Banyaknya oknum yang memanfaatkan lahan itu  mulai menggeser luas lahan Situ Cipondoh semakin berkurang.

Images (57)
Gubernur Banten, Wahidin Halim

“Ini justru sangat mengkhawatirkan. Karena mulai menyempit (aset) Situ Cipondoh,” ujar pria yang akrab disapa WH saat dikonfirmasi, Jum’at (22/1/2021).

BAKAL DIBONGKAR

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan membongkar bangunan yang berada di sekitar Situ Cipondoh tersebut. Pembongkaran ini karena banyak oknum yang memanfaatkan lahan untuk kepentingan pribadi.

“Nanti mau dibongkar itu bangunan-bangunan yang ada dipinggir Situ Cipondoh. Ya karena Situ Cipondoh berada dibawah naungan Pemerintah Provinsi Banten,” tegas WH.

FUNGSI PENAMPUNGAN AIR BERUBAH

Belakangan ini, kota berjuluk seribu industri itu kian dihantui banjir. Sebab, melihat dari tahun kemarin Kota Tangerang dikepung banjir. Padahal, area tersebut menjadi salah satu area penampungan air untuk masyarakat di Kecamatan Cipondoh.

Pantauan penamerdeka.com di lokasi, walaupun kondisi air normal, namun beberapa waktu terakhir turun hujan dengan intensitas cukup tinggi. Di lokasi itu pun menjadi tandon yang berfungsi sebagai waduk yang mempertahankan air saat musim kemarau.

Img 20210122 223416
Suasana Situ Cipondoh, Jalan KH Hasyim Ashari, Kota Tangerang, Banten.

Mantan Wali Kota Tangerang itu menyebutkan, jangan sampai luas dari Situ Cipondoh yang menjadi daya tampung air ini semakin berkurang.

“Kita sedang menata Situ Cipondoh, dan situ-situ yang ada di Provinsi Banten. Dengan penataan yang baik tentunya keberadaan situ pun semakin terjaga, dan terhindar dari para oknum untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

BAKAL DILAPORKAN KE KEJAKSAAN

Wahidin mengaku, akan melaporkan ke kejaksaan atas dugaan pemanfaatan aset negara secara ilegal oleh para pengembang dan masyarakat.

“Di Banten itu sekitar 63 sampai 67 situ, dan paling banyak itu di Kota Tangerang Selatan,” katanya.

WH menambahkan, pemerintah daerah tidak melarang pemanfaatan situ ataupun lahan-lahan milik pemerintah. Tapi, masyarakat atau pengembang harus meminta izin secara resmi dengan hal guna usaha (HGU) dan hak pengelolaan (HPL).

“Tidak boleh ilegal begitu. Harus mengajukan secara resmi HGU dan HPL. Sehingga, pemerintah memberi aturan seperti boleh ataupun tidak dilakukan pemanfaatan lahan. Konservasi lingkungan tetap berjalan dan aset pemerintah juga bisa jadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE