HUT RI 76

Marak Beroperasi, OJK Gandeng Polri Berantas Pinjol Ilegal

JAKARTA,PenaMerdeka – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk memberantas pinjaman online (Pinjol) ilegal yang marak beroperasi belakangan ini. Kerjasama itu dilakukan agar penanganan pinjaman online ilegal dapat dilakukan secara efektif, terstruktur dan optimal.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menyampaikan, kerja sama ini juga dilakukan karena operasi pinjol di tengah pandemi cukup marak dan merugikan masyarakat. Mereka memanfaatkan banyaknya orang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk mencari keuntungan.

Masyarakat yang tak punya pekerjaan menggunakan jasa pinjaman online untuk mendapatkan dana secara mudah dan cepat. Namun ada beberapa fintech ilegal yang tidak terdaftar di OJK melakukan transaksi yang melanggar perundang-undangan.

“Kondisi ini (pandemi COVID-19) dimanfaatkan oleh pelaku pinjaman online yang ilegal untuk menawarkan pinjaman online dengan berbagai platform kepada orang-orang yang memiliki tingkat literasi keuangan yang sangat rendah” ujar Wimboh, Jumat (20/8).

Sementara itu Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Listyo Sigit mengapresiasi kerja sama yang diinisiasi oleh OJK. Ia mengatakan sebelum kerja sama dilakukan Polri telah aktif melakukan penegakan hukum terhadap pinjol ilegal. (uki)

Disarankan
Click To Comments