HUT RI 76

101 Peserta Berebut 7 Kursi KPID Banten

BANTEN,PenaMerdeka – Sebanyak 101 orang tercatat lolos sejumlah tahapan proses seleksi calon komisioner di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Banten periode 2021-2024.

Kusma Supriatna Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) KPID Banten menyebutkan, sebelumnya total yang mendaftar calon komisioner di KPID Provinsi Banteb sebanyak 109 orang. Dan setelah melewati test administrasi meloloskan 101 nama termasuk dua peserta incumbent.

Nantinya menurut Kusma, setelah lolos administrasi dan uji kompetensi, tim Pansel akan menyerahkan nama peserta calon ke Komisi 1 DPRD Provinsi Banten.

Namun, sebelum diserahkan pansel akan memplenokan terlebih dahulu hasil perolehan uji kompetensi masing-masing peserta.

Saat ini kata Kusma, hasil test peserta yang sudah dikantongi tim Pansel adalah test tulis peserta.

Sementara untuk hasil test psikologi yang digelar 11 September lalu sedang dalam proses. Dan dalam waktu dekat hasil test psikologi sudah dikantongi pihak Pansel KPID Banten.

“Jika selesai di pekan depan maka kemungkinan akhir September 2021 sudah (hasil test) kita serahkan ke DPRD (Komisi 1),” ungkap Kusma dihubungi penamerdeka.com, Sabtu (18/9/2021).

Dalam aturannya dari 101 orang, proses seleksi calon anggota KPID selanjutnya akan dikerucutkan lagi oleh Komisi 1 DPRD Banten. Dan dalam aturan bisa mengkrucutkan 14 hingga 21 orang peserta saja.

“Kewenangannya ada di komisi satu DPRD Banten. Pansel hanya penyelenggara seleksi awal saja,” ucapnya.

Lalu setelah diserahkan, semua proses tahapan terus berjalan di DPRD Banten, hingga proses terakhir hanya mengantongi 7 nama saja yang menjadi komisioner PPID Banten.

“Dan yang mengumumkan juga komisi 1. Tugas kami menseleleksi awal saja,” tukas Kusma. (dra)

Disarankan
Click To Comments