Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

PMR Vakum, PMI Minta Kontribusi Dindibud Kota Tangerang

0 149

Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang, Koeswarsa menganggap bahwa selama ini masyarakat hanya menilai kegiatan yang ada di naungannya hanya berkutat soal donor darah saja.

Kata politisi Golkar ini menyebut jadi sangat wajar jika kegiatan tersebut terkesan mandek lantaran tidak tersosialisasi dan minimnya dukungan dari instansi terkait terutama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang.

“Sehingga karuan saja jika selama ini soal kegiatan PMR menjadi vakum,” kata Koeswarsa saat membuka acara Orientasi Pembina PMR di Aula Kantor Kecamatan Karawaci, Kamis (15/9).

Koeswarsa menambahkan, dalam kegiatan PMR padahal menurutnya sangat penting bagi pelajar khususnya dalam mempelajari bidang kesehatan.
“Dari banyaknya sekolah di Kota Tangerang, tidak semua PMR nya aktif. Ini memang karena banyak orang yang menganggap PMR itu cuma urusan donor darah saja. Padahal tidak hanya itu,” jelasnya.

Maka dari itu kata Koeswarsa lebih jauh menjelaskan bahwa sekolah harus aktif mendorong adanya kegiatan PMR, sehingga tingkat kevakuman dapat diminimalisir.

“Sekolah swasta juga harus wajib menjalankan program PMR. Jadi harus disamakan juga dengan kegitan Pramuka yang diekstrakulerkan. PMI/PMR memang bukan bagian dari kurikulum, jadi tidak ada tekanan dari dinas pendidikan agar tiap sekolah menjalaninya,” ucapnya menghimbau

Karena itu, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin menghidupkan kembali PMR di sekolah-sekolah Kota Tangerang di tingkat SMP dan SMA. Selain itu, pihaknya juga akan memulai pembinaan PMR di tingkat SD atau pemula.

Dirinya juga mendorong agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang agar memasukkan kegiatan PMR dalam muatan lokal dan jadi ekstrakulikuler yang wajib diikuti, layaknya pramuka.

Pasalnya ia beralasan bahwa PMR ini menjadi gerbang untuk memasukan wawasan kebangsaan saat banyak moral pelajar yang sudah mulai mengalami krisis. PMR tidak hanya mengajarkan soal kesehatan, tapi juga saling menghargai sesama dan ketangkasan. (yuyu/agus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
HPN
Loading...