Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pekerjaan Rumah Kemensos Merehabilitasi Korban Prostitusi Anak

0 70

Disebutkan terkait korban kejahatan seksual pada anak mengalami trauma yang berat. Karenanya menjadi pekerjaan rumah bagi Kementerian Sosial RI dipercaya untuk merehabilitasi korban prostitusi anak untuk kaum gay yang tengah ditangani Bareskrim Polri. Serangkaian terapi untuk menggali trauma dan pemulihan telah dilakukan.

“Kami melihat kedalaman trauma mereka dengan tes khusus, jadi bisa diketahui tingkat konflik seksual korban. Yang satu ini kategorinya cukup berat,” ujar Mensos Khofifah Indar Parawansa dalam Diskusi Polri di Jakarta, Kamis (15/9).

Dalam kesemptan itu kata Kemensos bahwa pemulihan di rumah aman Kemensos umumnya dilakukan selama tiga pekan. Setelah itu, korban bisa dikembalikan ke keluarganya. Khusus untuk satu anak tersebut, proses pemulihannya bisa lebih lama.

Agar pemulihan korban bisa dilakukan maksimal, ada proses reintegrasi sosial dengan keluarga korban. Orangtuanya diberi pengertian soal kondisi anaknya dan dicari solusi bersama.
“Senin depan rencananya petugas sosial akan datang ke rumah masing-masing,” kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, para korban tidak mengetahui hal tersebut bisa menimbulkan risiko penyakit menular seksual dan melanggar pidana. Mulanya mereka dipaksa melakukan hal tersebut, namun lama-lama mulai terbiasa.

Dari pemeriksaan para korban diketahui bahwa mereka tidak menyadari bahwa aktivitas yang mereka lakukan selama ini menyimpang.

Meski begitu, kata Khofifah, ada kemauan yang kuat dari para korban untuk melepaskan diri dari kegiatan prostitusi anak. (yuyu/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...