Tingkatkan Rasa Bahagia Bisa Dengan Menyantap Buah dan Sayur

PenaMerdeka – Menyantap buah dan sayur dalam jumlah yang telah disarankan mendapat hasil signifikan untuk meningkatkan rasa bahagia. Demikian menurut hasil dari penelitian University of Warwick di Inggris yang dirilis oleh American Journal of Public Health.

Berdasarkan panduan The United States Department of Agriculture (USDA) disarankan untuk menyantap 2 cangkir buah-buahan dan 2 1/2 cangkir sayuran dalam satu hari.

Tak hanya menyehatkan, buah apel atau sayuran seperti brokoli berpengaruh membangkitkan rasa bahagia seseorang.

Diharapkan mampu memberi dorongan bagi orang lain untuk memilih makanan sehat, penelitian diawali dengan mencari hubungan antara peningkatan konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan tingkat keselamatan psikologis.

Menurut Andrew Oswald peneliti utama studi “Motivasi seseorang untuk makan makanan sehat umumnya dilemahkan oleh kenyataan bahwa manfaat kesehatan seolah untuk fisik, misalnya melindungi terhadap kanker, baru akan dinikmati setelahnya,” tutur Oswald.

“Tetapi, perbaikan keselamatan psikologis, semacam rasa bahagia dan tidak gampang stres, adalah efek yang bisa langsung dirasakan melalui peningkatan konsumsi sayuran dan buah-buahan.”

Guna mengukur hipotesisnya para peneliti melakukan pemeriksaan data yang dikumpulkan dari 12.385 orang dewasa di Australia, mulai dari umur 15 hingga 93 tahun.

Para peserta diminta untuk menjawab terkait dengan konsumsi makanan harian, misalnya berapa banyak menyantap makanan olahan, makanan kemasan hingga buah-buahan dan sayuran.

Hasil dari penelitian itu, mendapatkan adanya manfaat kebahagian untuk setiap konsumsi harian buah-buahan dan sayuran. Imbasnya akan sangat dirasakan dalam kurun waktu 1 sampai 2 tahun.

Sedangkan efek rendah dari stress paling tidak akan dapat dirasakan 2 tahun sesudah diterapkan kebiasaan konsumsi buah dan sayuran. Walaupun efek yang dihasilkan untuk perubahan keselamatan psikologis bisa dirasakan dalam waktu 2 tahun, Oswald beranggapan itu dapat terjadi lebih cepat.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut kaitan hal tersebut, para peneliti memperkirakan hal tersebut terjadi karena kandungan nutrisi yang terdapat pada sayur dan buah.

Folat misalnya mampu mengurangi depresi, dan juga karoten yang telah berkorelasi dengan optimisme serta penyeimbang mikro organisme dalam usus, dengan kemungkinan berkaitan dengan rasa bahagia.

Keterkaitan antara buah dan sayur dengan kebahagiaan menurut peneliti berimbas lebih cepat tenimbang kaitan buah dan sayur untuk kesehatan fisik, kata Oswald.

“Dan tidak ada alasan untuk menunda konsumsi buah dan sayur setiap hari,” imbuhnya. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE