Subsidi Elpiji 3 Kg, Masyarakat Miskin bakal dapat Kartu Khusus

JAKARTA,PenaMerdeka – Soal adanya kenaikan harga elpiji 3 kg, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluruskan desas-desus yang menyebutkan pemerintah akan menaikkan komoditi keperluan rumah tangga tersebut. Pasalnya  menurut Kementrian ESDM adalah, soal kabar elpiji 3 kg yang benar bahwa pemerintah berencana menerapkan pemberian subsidi langsung.

“Masyarakat masih akan dapat subsidi. Tidak ada rencana menaikkan harga. Namun subsidi rencananya akan diberikan langsung,” ungkap Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja di Jakarta, Rabu (12/1) kemarin.

Ia meyakini dengan adanya sistem seperti ini maka program subsidi akan tepat sasaran kepada rumah tangga miskin dan pelaku usaha mikro. Menurutnya, nanti setiap rumah tangga miskin dan pelaku usaha mikro akan dibekali kartu khusus untuk membeli kebutuhan elpiji 3 kg tersebut.

“Nanti jumlah pembelian akan dibatasi. Misalnya, untuk rumah tangga akan mendapat jatah 3 tabung per bulan dan pelaku usaha mikro 9 tabung,” ungkapnya.

Wirat berharap skema subsidi langsung supaya bisa segera direalisasikan. Ia beralasan, selama ini banyak golongan mampu menggunakan melon 3 kg. Namun demikian, ditegaskannya, sampai saat ini rencana subsidi tertutup tersebut masih dalam kajian.

Maka dari itu ia kembali menuturkan bahwa rencana penggunaan kartu khusus untuk membeli gas 3 kg akan dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos). Kartu juga akan memiliki fungsi lainnya terkait program pemerintah. Yang tidak memiliki kartu maka disebut bukan golongan miskin yang harus dapat subsidi secara langsung dari pemerintah.

“Yang tidak diberikan rekomendasi masyarakat miskin maka dengan harga keekonomian yang nanti sudah ditetapkan oleh pemerintah,” ucapnya.

Seperti diketahui, subsidi elpiji 3 kg pada tahun ini dianggarkan senilai Rp 28,68 triliun untuk 54,9 juta rumah tangga dan 2,3 juta usaha mikro. Dengan besaran anggaran tersebut banyak kalangan ekonomi yang berspekulasi pemerintah akan menaikkan harga elpiji 3 kg pada tahun ini. (puji/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang