Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Peralihan Dikmen Berlaku, Dikdas Leluasa Maksimalkan Anggaran

PenaMerdeka – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Mathoda, terkait pengelolaan pendanaan dan administrasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas (Dikmen) sederajat setelah belaku akan menguntungkan sekolah dan masyarakat.

Mathoda juga mengungkapkan selain tunjangan guru dan pegawai sekolah bakal naik, sekolah gratis pun berpeluang merata ke seluruh kota dan kabupaten.

Sekarang ini, kata Mathoda, pengelolaan SMA sederajat berada di bawah Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten. Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 manajemen pengelolaan SMA, SMK, Madrasah Aliyah (MA) akan berpindah ke pemerintah provinsi.

Untuk itu, tambah Mathoda, Pemerintah Kota dan Kabupaten nantinya hanya akan bertanggung jawab terhadap pengelolaan SD hingga SMP sederajat. ”Kami sangat menyambut baik peralihan pengelolaan itu. Karena akan terjadi pemerataan sekolah negeri gratis.”

Selain itu, peralihan ini berdampak juga pada pemerataan sekolah negeri gratis. Nantinya akan mengurangi beban orang tua. Sekolah swasta juga terbantu karena biaya sekolah bisa berkurang. “Cara itu bisa meningkatkan partisipasi bersekolah di Tangsel sampai lulus SMA sederajat,” paparnya.

Ia menilai, pengalihan sekolah tersebut ke provinsi masih bisa selaras dengan rencana pemerintah pusat yang ingin menerapkan wajib belajar (Wajar) pendidikan dasar selama 12 tahun, atau dari jenjang SD hingga SMA sederajat. “Provinsi tinggal berkoordinasi saja dengan kota kabupaten,” ungkap Mathoda. (yoyo)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...