Oktober Mendatang, Dokumen Pembunuhan John F. Kennedy Disebarkan

WASHINGTON,PenaMerdeka – Berkas terakhir kaitan dengan pembunuhan John F. Kennedy Presiden Amerika Serikaf (AS) pada 1963 akan diputar pada (26/10/2017). Namun, pada pihak intelijen AS mungkin akan mengajukan banding ke Presiden Donald Trump agar menyimpan arsip-arsip tersebut ketimbang dipublikasikan.

Undang-Undang kasus tersebut mensyaratkan bahwa Washington akan mengumumkan semua dokumen yang berkaitan dengan kasus Presiden AS itu dalam waktu 25 tahun yg berarti, pada bulan Oktober 2017. Pada undang-undang tersebut disahkan, lebih dari 4 juta berkas sudah dilepaskan ke publik.

Namun, berkas yang terakhir mungkin tetap dirahasiakan oleh Arsip Nasional. Pada bulan Agustus, Politico melaporkan jika pejabat Kongres dan pejabat pemerintah lainnya secara pribadi menyatakan kepada mereka bahwa CIA dan FBI akan siap mengajukan banding ke Trump untuk menyimpan beberapa file yang disegel untuk selamanya. Tetapi, jika kedua badan tersebut tidak ada mengkonfirmasi atau membantah tuduhan.

“Saya yakin bahwa masyarakat Amerika perlu mengetahui hal yang sebenarnya. Masih sulit bagi saya untuk percaya bahwa perbuatan satu orang (pembunuhan John F. Kennedy). Namun, pada saat yang sama saya tak mempunyai bukti bahwa itu tidak benar,” tutur legislator Republik Walter Jones yang dilansir dari Sputnik, Kamis (28/9/2017).

“Tidak ada alasan bahwa informasi dari sudut pandang keamanan tidak boleh dipublikasikan kepada masyarakat. Begitu banyak yang diketahui tentang pembunuhan itu Mengapa tidak menutup bab ini atau kasus pembunuhan John F. Kennedy,” tambahnya. (riri/dbs)

Click To Comments