Pilkada Bumbung Kosong, Disebut Karena Masyarakat Lebak Percaya Petahana

Incumbent Iti Octavia Jayabaya dan Sumardi
0

KABUPATEN LEBAK,PenaMerdeka – Rochman Setiawan, Aktivis Sosial Kabupaten Lebak soal adanya potensi petahana atau incumbent versus kotak kosong pada pelaksanaan Pilkada Lebak 2018 mendatang menyebut hanya sebagian kecil saja yang menyuarakan akan memilih bumbung kosong.

“Dan itu hal yang wajar. Itu adalah hak konstitusi masyarakat sebagai pemilih,” kataya kepada PenaMerdeka.com, Sabtu (6/1/2018).

Tapi kata Rochman, rasanya sangatlah jauh jika saat ini sudah disuarakan incumbent akan melawan bumbung kosong dalam Pilkada Lebak nanti, karena proses masih terjadi di partai politik, perseorangan maupun di KPU sendiri.

Ia menilai karena rasanya partaipun sangat berhitung untung ruginya setiap mendukung bakal calon lain dibanding Petahana. “Partai bersikap realistis, kenapa tidak berani mencalonkan kadernya sendiri,” kata pria yang kerap disapa Omen menjelaskan.

Di samping ekstabilitas, akseptabilitas, dan popularitas memang petahana saat ini yakni Bupati Incumbent Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi sebagian besar masyarakat lebak sangat mempercayai mereka lantaran keberhasilan pembangunan dan tranparansi yang dilakukan selama menjabat.

“Jadi harapan besar masyarakat lebak, petahana dapat melanjutkan pembangunan dan menjabat kembali di priode ke duanya,” katanya menjelaskan.

Sedangkan kata Rachman menegaskan, untuk memilih bumbung kosong atau kotak kosong yang disuarakan bakal calon yang gagal mendapatkan dukungan Parpol ataupun tidak mencukupi persyaratan sebagai Cabup dan Wacabup, biarlah masyarakat lebak sendiri yang menilai.

“Kalau demokrasi tidak berjalan dimungkinkan karena ada yang melampiaskan kekecewaan karena tidak jadi bakal calon Bupati dan Wakil bupati Lebak,” tegasnya.

Ia melanjutkan, harapan masyarakat saat ini justru Pilkada Lebak ingin mendapatkan pimpinan yang sangat di percaya dapat melanjutkan pembangunan yang lebih merata dan perbaikan dalam berbagai sektor.

Terutama kata dia menandaskan adanya keberlangsungan pembangunan di sektor pariwisata, pendidikan, insfrastruktur serta progres pembangunan ekonomi masyarakat yang lebih meningkat. Untuk masyarakat lebak yang lebih bahagia dan sejahtera. Hak konstitusi masyarakat untuk memilih bumbung kosong atau pasangan bupati. (redaksi/tim)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.