Ads Helmi Halim

Diterjang Hujan Salju Lebat, Jerman dan Swedia Lumpuh Total

0 225

BERLIN,PenaMerdeka – Hujan salju lebat di sebagian wilayah Jerman dan Swedia menimbulkan kekacauan. Sejumlah jalan raya tak dapat diakses, kereta api tidak beroperasi dan sekolah diliburkan untuk sementara waktu akibat tumpukan salju setinggi 100 meter lebih.

Palang Merah Jerman pun langsung memberikan bantuan makanan dan kebutuhan lainnya kepada pengendara yang terjebak di tengah tumpukan salju di Bavaria.

Sehari sebelumnya, seorang anak berusia sembilan tahun tewas tertimpa pohon tumbang akibat salju. Petugas langsung tanggap gawat darurat menemukan jasadnya 40 menit kemudian.

Kondisi ekstrem serupa terjadi di Swedia Utara hingga menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total. Seorang petugas SAR dari Austria berjuang melewati tumpukan salju setinggi dada orang dewasa untuk mencapai lokasi snowboarder.

Seorang lelaki berusia 41 tahun asal Polandia dilaporkan tersesat usai pergi menuju piste di sebuah resort di Schlossalmbahn. Di Austria, hujan salju juga sempat mereda setelah mengguyur selama beberap hari hingga memiliki ketebalan tiga meter.

“Kuantitas salju sebanyak ini di atas ketinggian 800 meter hanya terjadi sekali dalam kurun waktu 30-100 tahun,” terang Alexander Radlherr dari Institusi Pusat Austria untuk Meteorologi dan Geodinamika.

Di Swedia, hujan salju lebat juga dibarengi dengan angin kencang di sejumlah wilayah. Di salah satu area kecepatan angin bahkan dilaporkan mencapai 49,7 meter per detik saat Badai Jan menerjang Stekenjokk.

Kondisi di Jerman mencapai titik berbahaya dan telah melumpuhkan aktivitas publik. Layanan kereta api dihentikan beroperasi wilayah selatan dan timur sebagai wilayah yang terdampak paling buruk. Jalan raya terputus oleh tumpukan salju dan pohon yang tumbang.

Dua persimpangan jalan raya A8 juga ditutup dari selatan hingga timur. Para pengendara terjebak di jalan raya bermalam di dalam mobil di dekat Rosenheim. Palang Merah Bavaria dan lembaga pemerintah langsung turun ke jalan untuk membantu mereka. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...